Arti Sepotong Logam Berbentuk Bundar

226
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya, Senin (14/08/2017) di Bangsal Kepatihan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Penghargaan Satya Lencana Karya Satya untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) wujudnya sepotong logam berbentuk bundar. Namun demikian, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai, penghargaan tersebut mengandung arti penting.

“Wujud penghargaan ini hanyalah sepotong logam berbentuk bundar dengan relief yang menggambarkan Semangat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Meski demikian ini membawa konsekuensi Semangat 45 itu harus dilestarikan dan diadaptasi dengan semangat zaman, agar PNS penerima penghargaan menjadi teladan sesama PNS dan anggota,”  tutur Sultan, Senin (14/08/2017) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Bersama Ketua DPRD DIY, Kajati DIY, Danrem 072/Pamungkas serta Kapolda DIY, pagi itu Sultan HB X atas nama Presiden RI menyerahkan penghargaan tersebut untuk ratusan PNS di lingkungan Pemerintah DIY.

Baca Juga :  Naik Pangkat, Enam Petugas Polsek Syukuran

Raja Keraton Yogyakarta ini menyampaikan Satya Lencana Karya Satya bukan sekadar kebanggaan tetapi harus bisa memotivasi mereka lebih semangat bekerja meraih prestasi yang lebih baik.

Satya Lencana diberikan untuk PNS atas dedikasi mereka selama 30 tahun (246 orang), 20 tahun (251 orang) dan 10 tahun (85 orang). Selama kurun waktu tersebut, mereka dinilai setia kepada Pancasila, UUD 1945 serta Pemerintah RI, disiplin penuh kejujuran dan mengabdi  secara terus menerus tidak terputus.

Meski penghargaan ini tidak sepadan dengan nilai pengabdian, kehormatan itu perlu dirawat dengan baik. “Para penerima jangan  melakukan pelanggaran disiplin tingkat berat yang mengakibatkan dicabutnya Satya Lencana ini,” kata Sultan.

Baca Juga :  Bocah Pemanjat Tiang Bendera Merasa Senang di Jogja

Dia berharap momentum ini dimanfaatkan sebagai bentuk penyadaran mengenai arti pentingnya prestasi, loyalitas dan dedikasi yang tak  tercela sepanjang karier PNS.

Penghargaan Satya Lencana Karya Satya diawali oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X  diberikan kepada Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Pemerintah  Hendar Susilowati SH dan Kepala Dinas Pertanian DIY Ir Sasangko. Tampak hadir pula Wakil Gubernur DIY Paku Alam X beserta tamu undangan. (sol)