Arus Kendaraan Jalan Wates Masih Normal

133
KORANBERNAS.ID — Arus kendaraan pemudik yang memasuki wilayah DIY dari arah Kulonprogo menuju Bantul melalui Jalan Wates  belum ada lonjakan berarti,Senin (11/06/2018) malam seperti terpantau di depan Pos Pam Sedayu Jalan Wates. Hanya sesekali ada  kepadatan arus yang didominasi bus dan mobil pribadi dari arah barat,namun jumlahnya tidak signifikan.
Komandan Regu (Danru) Pos Pam Sedayu,Ipda Badri yang ditemui di lokasi mengatakan memang hingga H-4 malam ini arus kendaran relatif ramai lancar dan tidak ada penumpukan atau kemacetan.
“Kendaraan masih normal,kalaupun ada penambahan volume belum banyak.Biasanya kendaraan terlihat bertambah saat pagi hari atau malam hati,”katanya.Dilihat dari plat kendaraan yang digunakan pemudik berasal dari Jakarta dan wilayah Jawa Barat.
Kendati arus belum ada lonjakan,personil Pos Pam berjumlah 29 orang siaga selama 24 jam yang dibagi dalam dua regu secara bergantian.Petugas kepolisian juga mendapatkan tambahan personil dari Paksikaton dan anak-anak Pramuka.Selain juga petugas Dinas Perhubungan Bantul yang berada tidak jauh dari Pos tersebut.
Menurut Ipda Badri berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya,lonjakan pemudik akan terjadi pada  H-1 lebaran dan biasanya ada penumpukan kendaraan.Jika itu terjadi petugas yang disebar ke titik-titik kepadatan seperti pertigaan Klangon,perempatan Sedayu dan Perempatan Pedes akan melakukan penarikan arus secara manual.
“Jika ada penumpukan yang menyebabkan kemacetan kami siapkan pemecahan arus melalui jalur alternatif,” katanya.Untuk menuju Godean melalui perempatan Sedayu ke arah utara dan menuju Pajangan atau Bantul dari perempatan Sedayu berbelok ke arah Selatan.Sehingga tidak semua kendaraan masuk jalur utama Jalan Wates. (Sari Wijaya)