Asal Merokok, Hati-hati Harus Tanam Pohon

101

KORANBERNAS.ID–Perokok di Desa Jatimulyo, Kecamatan  Alian, Kabupaten  Kebumen, sejak hari Selasa (21/8/2018), tidak lagi bisa  merokok di sembarang tempat. Ada kawasan tanpa rokok (KTR), setelah  Kepala Desa Jatimulyo, Paryadi,  hari itu menandatangani Peraturan Desa ( Perdes) Jatimulyo Nomor 4 Tahun 2018, Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Warga yang melanggar perdes itu, mendapat sanksi harus menanam pohon.

Peraturan desa (perdes) bahkan sudah ditandatangani dan disaksikan Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten  Kebumen  dr Hj Y Rini Kristiani MKes. Perdes itu menjadikan desa ini pertama di Kecamatan Alian yang menerapkan KTR .

Rini berharap, dengan adanya Perdes KTR, maka di Jatimulyo tidak ada   lagi merokok di KTR.

Baca Juga :  Catat, Bandara Soedirman Siap Beroperasi

“Perdes ini tidak melarang orang merokok,  merokok boleh, tapi  berada di luar  KTR,  tidak hanya diatas kertas , perdes diimplemenasikan,“ Rini Kristiani.

Perdes itu antara lain menyebutkan, KTR  meliputi tempat pendidikan, fasilitas kesehatan, tempat kerja ( komplek balai desa), pasar, pusat fasilitas olah raga, tempat bermain anak, gedung pertemuan. Di  KTR ini, perokok tidak boleh merokok. Pemilik tempat tempat itu, wajib menyediakan area merokok.

Perdes itu juga mengatur tata cara pemberian sanksi bagi mereka yang melanggar. Sanksi   dari teguran  pertama, teguran kedua.  Jika selama 2 minggu / pekan setelah diberi peringatan, ternyata mengulang pelanggaran sanksinya disuruh menanam pohon. Pelanggar juga mendapat tugas mensosialisasikan perdes itu.

Baca Juga :  Di Depan Peserta JITM, Sekda Promosi NYIA

Paryadi mengatakan  sanksi menanam pohon, dengan  pertimbangan pohon yang ditanaman bermanfaat untuk  masyarakat  di masa mendatang.  Karena itu, pohon yang dijadikan  sanksi tanaman keras.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada  Dinas  Kesehatan Kebumen Kusbiyantoro.SKM, MKes, kepada koranbernas.id menjelaskan, fasilitas  kesehatan dan  pendidikan, KTR  yang bebas dari asap rokok.  di KTR itu tidak boleh ada aktivitas merokok.  Di   KTR  lain dibolehkan merokok,    namun ditempat khusus yang disediakan  pemilik / pengelola KTR “Jatimulyo desa kedelapan di Kabupaten Kebumen  yang  memiliki Perdes KTR, “ kata Kusbiyantoro. (yve)