Asuhlah Anakmu Sepanjang Hayat

210
Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes memotong tumpeng tanda dibukanya acara talk show. (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes menghadiri acara Talk Show Enlightening Parenting di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis (05/10/2017).

Acara tersebut diprakarsai oleh Forum Komunikasi Psikolog Puskesmas Sleman (FKPPS) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 FKPPS.

FKPPS beranggapan, tantangan pengasuhan anak kini semakin besar. Berbagai masalah yang dihadapi anak semakin meningkat, seperti bullying, seks bebas, narkoba, kecanduan gadget dan game.

FKPPS merasa perlu mengedukasi orang tua selaku pemeran utama pengasuhan anak, demi terwujudnya generasi masa depan yang lebih baik.

Sri Muslimatun mengungkapkan pengasuhan terhadap anak tidak hanya dilakukan ketika anak masih di usia dini, melainkan sepanjang hayat.

“Yang namanya mengasuh itu tidak hanya ketika kecil. Sudah besar pun harus tetap diasuh. Supaya tetap pada relnya,” jelasnya.

Salah satu penyebab remaja dan orang dewasa bertindak negatif karena sikap acuh orang tua terhadap perkembangan anaknya.

“Yang keluar dari rel itu mungkin dilepaskan begitu saja oleh orang tuanya. Karena sudah lulus kuliah, orang tua beranggapan sudah bukan menjadi tanggungannya. Ini yang menurut saya kurang pas,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr Nurulhayah Mkes,  berharap melalui acara ini para psikolog mampu memberikan kontribusi, mendukung orang tua menghadapi tantangan pengasuhan anak.

Hal ini ditempuh dengan upaya promotif, preventif, rehabilitatif dan kuratif di Puskesmas masing-masing. “Mudah-mudahan dengan adanya acara ini, orang tua bisa tercerahkan,” ujarnya.

Talk Show Enlightening Parenting Mengasuh Pribadi Tangguh Menjelang Generasi Gemilang kali ini diikuti 250 peserta.

Acara tersebut dilaksanakan juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental se-Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober, serta Hari Kesehatan Nasional ke-53 yang jatuh pada 12 November 2017. (sol)