ATM Bank BPD DIY Beroperasi Normal

603
ATM Bank BPD DIY di Turi Sleman menerima limpahan nasabah bank lain yang ATM-nya mengalami masalah. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Gangguan pada satelit Telkom 1 yang terjadi minggu lalu mengakibatkan ­offline-nya jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik beberapa bank nasional baik bank BUMN maupun swasta. Walaupun tidak semua mesin ATM milik bank-bank tersebut offline, namun sedikit banyak ikut mempengaruhi sistem pembayaran perbankan secara nasional.

Berbeda dengan jaringan ATM milik bank nasional, jaringan ATM Bank BPD DIY tidak terdampak oleh gangguan yang terjadi pada satelit Telkom1. Hal tersebut dikarenakan jaringan ATM Bank BPD DIY menggunakan media Fiber Optic (FO).

“114 mesin ATM Bank BPD DIY yang tersebar di seluruh wilayah DIY beroperasi dengan normal,” ungkap Bambang Setiawan, Direktur Utama Bank BPD DIY, Rabu (30/08/2017).

Baca Juga :  Warga Pakai Tangga Dekati Sumber Api di Lantai Dua

Dia menyampaikan, jaringan ATM Bank BPD DIY tergabung ke dalam jaringan ATM Bersama dan Jaringan Prima sehingga dapat digunakan oleh pemilik kartu ATM bank-bank BUMN dan bank-bank swasta nasional yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama maupun Jaringan Prima.

“Pada prinsipnya kami siap mendukung kelangsungan sistem pembayaran nasional. Nasabah bank lain bisa memanfaatkan ATM Bank BPD DIY untuk bertransaksi seperti informasi saldo, tarik tunai dan transfer,” jelasnya.

Saat ini Bank BPD DIY mengalami peningkatan volume transaksi pada terminal ATM Bank BPD DIY, rata-rata sebesar 50 persen dari biasanya, antara lain disebabkan penarikan tunai oleh masyarakat penerima bantuan yang disalurkan melalui rekening bank BUMN, namun banyak masyarakat yang melakukan tarik tunai pada mesin ATM Bank BPD DIY.

Baca Juga :  Kakek Ini Justru Melinting Tembakau

Selain disebabkan oleh permasalahan offline­­-nya jaringan ATM, juga disebabkan tidak tersedianya mesin ATM dari bank penyalur di wilayah tersebut. Terminal ATM Bank BPD DIY memang tersebar hingga pelosok kecamatan yang ada di DIY dan dapat ditemukan dengan mudah.

Bambang Setiawan menegaskan, Bank BPD DIY berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat dengan memberikan layanan prima yang ditunjang dengan infrastruktur dan teknologi yang andal. (sol)