Ayam Juga Perlu Jamu. Lho?

742
Karyawan mengepak jamu khusus ayam laga “Mbah Joyo” di Donolayan, Desa Tamanan, Kec Banguntapan, Sabtu (12/8/2017). (sari wijaya/koranberas.id)

KORANBERNAS.ID — Minum jamu ternyata bukan hanya kebutuhan manusia saja , tetapi juga ayam laga atau sering disebut ayam aduan. Ayam yang sering ikut kontes,atau tinju ayam dengan slogan dan komitmen non judi yang digagas oleh Paguyuban Penghobi Ayam Kontes Nusantara (PPKAN) misalnya, tentu saja diperlukan kondisi ayam yang prima dan bagus. Sehingga segala ancaman penyakit, juga mseti dienyahkan.

“Ancaman itu biasanya muncul saat panca roba atau pergantian musim, ”kata dewan penasehan PPKAN, Sutrajaya alias Mbah Joyo saat ditemui di home industri jamu “Mbah Joyo” Dusun Donolayan, Desa Tamanan, Kec Banguntapan,Sabtu (12/8/2017).

Diantaranya penyakit yang mengancam adalah kolera, ngorok, pilek dan jenis penyakit ayam lainnya. Untuk itulah menurut Mbah Joyo ayam harus diberi jamu.

“Saya ramu jamu dari rempah-rempah untuk mengobati berbagai macam penyakit ayam tadi. Alhamdulillah kualitasnya sudah terbukti dan banyak yang memakai baik di DIY hingga luar DIY karena cakupan kita nasional,”kata pemilik usaha anakan ayam laga tersebut.

Diantaranya manfaat minum jamu bagi ayam adalah menjadi trengginas, sehat, bebas dari penyakit dan lebih bertenaga.

“Jadi yang butuh jamu bukan hanya manusia saja, ayampun butuh jamu,” kata pengusaha yang kerap menjadi pembicara mengenai ayam laga baik di forum lokal, nasional bahkan internasional tersebut. (Sari Wijaya/yve)