Ayo, Budayakan Gemar Membaca Buku

720
Bupati Sleman Sri Purnomo meninjau Pojok Baca Wangsa Sanjaya di Komplek Candi Prambanan Sleman, Rabu (20/09/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Bupati Sleman Drs Sri Purnomo MSi mengajak masyarakat agar membudayakan gemar membaca buku. Ajakan ini disampaikannya ketika menghadiri acara Gemilang Perpustakaan di Museum Taman Wisata Candi Prambanan, Rabu (20/09/2017). Dia didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman  Ir AA Ayu Laksmidewi TP MM serta Pujo Suwarno dari Unit Candi Prambanan PT TWC.

Sebelumnya, Sri Purnomo  meresmikan Pojok Baca Wangsa Sanjaya di komplek candi tersebut dilanjutkan meninjau serta membaca beberapa buku.

Sri Purnomo menyampaikan, ke depan beberapa fasilitas umum perlu dilengkapi Pojok Baca seperti di komplek Candi Prambanan ini. Di obyek wisata Pentingsari juga sudah ada Pojok Baca diberi nama Ponokawan.

“Dengan adanya beberapa Pojok Baca diharapkan bermanfaat, membaca sambil menunggu,  dan untuk membudayakan masyarakat gemar membaca,” kata Sri Purnomo.

Pada acara Gemilang Perpustakaan di Pendapa Museum Candi Prambanan  dilakukan Launching buku Dari Membaca Menjadi Karya. Bupati Sleman menerima buku  Bocah Sukoharjo Bertutur dari bocah Sukoharjo, Penulis Kecil  tentang Antologi, Puisi dan Cerita Pendek Anak-anak Widodomartani Ngemplak, serta buku Belajar Bercocok Tanam Hidroponik.

Tak ketinggalan, Sri Purnomo menyerahkan penghargaan Anugerah Pustaka Sembada 2017 kepada Hadi Subronto (Kepala Desa Sukoharjo Ngaglik) berupa penghargaan kepala desa yang mempunyai komitmen tinggi terhadap pengembangan perpustakaan di wilayahnya.

Baca Juga :  BPTC, Klub Taekwondo Baru yang Langsung Menggebrak

Kemudian, Yuni Prastiwi S Pd (Kepala Sekolah SD Percobaan 3 Pakem) sebagai Kepala Sekolah yang mempunyai komitmen tinggi terhadap perpustakaan sekolah. Nanang Sujatmiko (Pengelola Perpustakaan Komunitas “Kerai”) berupa penghargaan pengelola dan pengembang perpustakaan komunitas yang inovatif dan kreatif serta penghargaan kepada Susilo Widodo SSi (Ketua Perpustakaan Desa Widodomartani Ngemplak) berupa penghargaan pegiat pengembangan perpustakaan.

Diserahkan pula piagam lomba minat baca tingkat SD/MI tahun 2017 kepada Nayahani Imara Wijaya sebagai juara I dari SD Model Ngemplak, Muhammad Reyhan A sebagai juara 2 dari SD Muh Sangonan, sedang juara 3 diraih Masyayih Salsabila Q dari SD kenaran Prambanan. Juara 4 diraih Hanifah Nafi Aisyah dari SD Muh Mantaran Turi, juara 5 diraih Illona Laquita E dari SD Babarsari Depok.

Baca Juga :  Mantan Sekda Purworejo Meninggal Saat Tenis

Sri Purnomo menyampaikan ungkapan “membaca akan membuka jendela dunia” memang terdengar klise tapi realitanya dengan banyaknya informasi yang diserap melalui membaca, wawasan akan semakin luas.

Namun demikian walaupun manfaat dari budaya membaca  sudah diketahui masyarakat,  tidak lantas membuat membaca menjadi kebiasaan atau bahkan kebutuhan.

Pada kesempatan tersebut digelar talkshow gemilang perpustakaan dengan narasumber Kepala BPAD DIY , Pujo Suwarno dari PT TWC, kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Sleman dan Dr Ida Fajar Priyanto MA PhD dari UGM. (sol)