Ayo Kampanye Stop Kekerasan terhadap Anak

240
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, berdialog dengan Satgas Perlindungan Anak.

KORANBERNAS.ID – Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, mengajak semua pihak untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Saatnya kini untuk bersuara bersama-sama berkampanye anti kekerasan dan stop kekerasan kepada anak dan perempuan,” ungkapnya, saat berdialog bersama Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak dan Relawan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) DIY, Rabu (07/12/2017) malam.

Menurut dia, anak-anak yang menjadi pelaku kekerasan sangat mengkhawatirkan. Ada perilaku klithih yang pelakunya masih anak-anak. “Ini keprihatinan kita semua dan tiap orang tua, keluarga bertanggung jawab untuk menekan aksi kekerasan ini,” ujarnya.

Dialog bersama kelompok perlindungan perempuan dan anak di DIY, dihadiri pula Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak dari BPPM DIY, Wati Marliawati,  serta KPID DIY, Komisi Perlindungan Anak Daerah Kota Yogyakarta, Tagana Kota Yogyakarta, Sigrak (Satgas PPA Kota Yogyakarta), DPC Petani Yogyakarta, Sekretariat Bersama (Sekber) Keistimewaan, Kelompok Perempuan Wanita Andalan Yogyakarta, Perempuan Adiluhung Yogyakarta (PADY) dan sejumlah aktivis perempuan dan anak di Yogyakarta.

Baca Juga :  DPRD Perlu Dukungan Anggaran Publikasi

Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan daerah pemilihan Kota Yogyakarta ini menyebutkan, DIY sudah memiliki Peraturan Daerah No 3/2012 tentang Perlindungan Terhadap Perempuan dan Anak Korban Kekerasan.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak BPPM DIY,  Wati Marliawati, menambahkan secara nasional Yogyakarta sudah mendapatkan predikat layak anak dan perempuan.

“Kita akui, memang perkembangan perkotaan membuat kebutuhan ruang publik untuk tempat ramah buat anak masih terbatas. DIY butuh tempat  taman bermain anak di masyarakat, lingkungan sekolah yang lebih banyak,” kata dia. (sol)