Ayoo..Segera Ikutan Kurban, Harga Kambing Turun!!

554
Aktivitas pedagang kambing di Pasar Plumbon, Desa Belang Wetan, Klaten Utara saat pasaran Kliwon, Senin (28/08/2017). (Masal Gurusinga)

KORANBERNAS,ID–Mendekati hari raya Idul Adha harga kambing di pasar hewan di Kabupaten Klaten turun. Kondisi ini bertolak belakang dengan harga sapi yang terus melambung. Meski saat ini turun,  pedagang kambing tetap berharap adanya kenaikan harga hingga hari “H” Jumat (01/09/2017).

“Memang benar ada penurunan harga. Tapi tidak signifikan,” kata Ngadiran, pedagang kambing di Pasar Hewan Plumbon Desa Belang Wetan Klaten Utara, Senin (28/08/2017)

Warga dukuh Margomulyo Desa Beteng Kecamatan Jatinom itu menjelaskan harga kambing untuk hewan kurban saat ini memang bervariasi. Ada yang Rp 2,5 juta per ekor dan ada juga kurang dari itu. Namun bila dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun lalu harga tahun ini memang ada penurunan.

“Kalau sekarang harganya Rp 2,5 juta. Tahun kemarin Rp 2.750.000. Ya ada penurunan,”ujarnya.

Sutarjo, pedagang kambing Pasar Plumbon lainnya mengungkapkan hal senada. Warga Ponggok Kecamatan Polanharjo itu mengakui ternak yang dia jual khusus domba. Dan harganya juga turun bila dibandingkan tahun lalu.

 

Menurut dia, terjadinya penurunan harga kambing dan domba kali ini dikarenakan banyaknya warga yang memilih membeli hewan kurban berupa sapi.

“Jadi ini karena kondisi dan banyak warga beralih membeli sapi,” paparnya

Sementara itu Kepala Pasar Wedi Indaryanto Wahyudi mengakui terjadinya penurunan harga kambing mengakibatkan kondisi pasar hewan Wedi setiap pasaran Wage dan Pahing lesu. (SM)