Bacaleg Jalani Periksa Kesehatan

183
Caleg Andityas Bima Prasatya sedang cek kesehatan di RSUD Panembahan Senopati Bantul, Sabtu (30/06/2018) siang. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Sejak pagi puluhan bakal calon legislatif (Bacaleg) mendatangi RSUD Panembahan Senopati Bantul Sabtu (30/06/2018).Kedatangan Bacaleg untuk melakukan tes kesehatan sebagai syarat dalam pencalegan mereka sebagai  wakil rakyat. Hasil tes tersebut harus dilampirkan dalam berkas yang diserahkan ke KPU.

“Iya kami hari ini cek kesehatan dan sudah selesai tadi dengan beberapa dokter spesialis,”kata salah satu Bacaleg Andityas Bima Prasatya (33 tahun) usai menjalani pemeriksaan tadi siang.

Adapun yang diperiksa diantaranya radiologi, rekam jantung, pemeriksaan kejiwaan dan kesehatan umum lainnya. Untuk hasil pemeriksaan akan keluar hari berikutnya.

“Karena Minggu libur maka Senin sudah keluar hasilnya,”kata Bacaleg DPRD DIY ini.

Sementara Bacaleg lain, Raras Rahmawatiningsih mengatakan untuk tes kesehatan dari tiap-tiap caleg berbeda harinya. Untuk partainya yakni PDIP, mensyaratkan tanggal 4 Juli semua bacaleg sudah selesai memeriksakan kesehatan.

Selain pemeriksaan kesehatan, Bacaleg juga harus melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian dan surat bebas pidana dari Pengadilan Negeri Bantul. Sehingga Raras bersama Bacaleg lain juga mendatangi kantor polisi dan PN Bantul untuk membuat surat keterangan dimaksud.

“Intinya saya siap menjalani segala proses dalam pencalegan ini dan memenuhi syarat yang harus diserahkan nantinya,”katanya mantap.

Ketua KPU Bantul M Johan Komara mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan, SKCK Kepolisian dan surat bebas pidana memang menjadi syarat yang harus  dilampirkan oleh Bacaleg sebagai syarat sebelum akhirnya nanti ditetapkan sebagai caleg oleh KPU.

Adapun pengajuan daftar calon oleh parpol pada tgl 4-17 juli 2018.

“Mereka belum menjadi Daftar Calon Sementara (DCS) atau Daftar Calon Tetap (DCT) sehinga masih Bacaleg,”kata Johan. (SM)