Bahaya, Jangan Beli Obat Sembarangan

269
Meski sudah berusia 87 tahun, di atas kursi roda Ny Praptowidjojo tetap bersemangat menghadiri penyuluhan kesehatan. (arie giyarto/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Lanjut usia (lansia) yang dikaruniai panjang umur, sehat jasmani, rohani dan hidupnya berkualitas, harus disyukuri. Namun seiring bertambahnya usia akan muncul berbagai penyakit degeneratif.

“Banyak lansia yang datang dengan keluhan macam-macam. Seperti gula darah, kolesterol tinggi, susah tidur, nyeri sendi, pegel-pegel dan banyak lagi,” kata dr Arief Tri Wibowo dari Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta, pada penyuluhan kesehatan di depan Kelompok Lansia Mandiri RW 08 Kelurahan Sorosutan Yogyakarta Kamis (14/02/2018).

Acara yang digelar di rumah keluarga Purwoto tersebut dihadiri puluhan lansia. Ini merupakan salah satu kegiatan dua bulanan menuju lansia sehat.

Salah satu upaya menjadi lansia sehat, menurut dr Arief, dengan selalu menjaga pola hidup sehat. Selain menjaga asupan makanan bergizi juga harus melakukan olahraga teratur sesuai kondisi fisik.

Baca Juga :  Gempa 7,3 SR, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Kemudian, lakukan cek kesehatan rutin di antaranya tekanan darah, kolesterol, gula darah dan sebagainya. Sedangkan olahraga, gerakannya harus disesuaikan kondisi fisik.

Jangan sampai di luar kemampuan fisik yang justru akan berakibat sebaliknya. Istirahat cukup sangat dianjurkan. Istirahat cukup ditandai badan merasa bugar usai bangun tidur.

Dokter Arief Tri Wibowo dan dr Andre Darmawan dari Puskesnas Umbilharjo 1 Yogyakarta. (arie giyarto/koranbernas.id)

Sementara itu dr Andre Darmawan menyarankan, jika sakit seyogianya segera berobat ke pelayanan kesehatan, jangan membeli obat sembarangan karena bisa berbahaya.

“Jangan membeli obat sendiri di warung. Ini penting karena obat  harus  disesuaikan kondisi fisik yang bersangkutan,” katanya.

Obat yang sesuai dengan kebutuhan seseorang tidak selalu cocok dan sesuai diberikan ke orang lain. Dosisnya harus tepat sehingga memberi efek kesembuhan. Bukan justru sebaliknya.

Baca Juga :  Joki Berkeliaran, Nama PMB UII Dicatut

Untuk langkah pencegahan, bagi wanita usia  atas 45 tahun perlu cek payudara. Apalagi fasilitas pemeriksaan kesehatan sangat mudah didapat saat ini, di antaranya di Puskesmas temasuk kesehatan gigi.

Penyuluhan kesehatan rutin tersebut bekerja sama dengan Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta. Rata-rata peserta warga lanjut usia termasuk beberapa orang berusia di atas 80 tahun. Bahkan Ny Praptowijoyo (87) rajin hadir meski harus menggunakan kursi roda.

Kelompok Lansia Mandiri RW 08 secara rutin melakukan senam lansia seminggu dua kali setiap Selasa dan Kamis, ditambah hari Sabtu di Rumah Sehat Lansia. (sol)