Bakmi Jowo 91 Khas Gunungkidul di Purbalingga, Pemiliknya Seorang Polisi Berpangkat Aiptu

1076
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan rekan-rekannya di Warung Bakmi Jowo 91 Khas Gunungkidul. (Prasetiyo/koranbernas.id)

 

KORANBERNAS.ID–Anda penyuka makanan bakmi? Saat ke Purbalingga, cobalah ke warung Bakmi Jowo 91 khas Gunungkidul, yang berada di Lapak Kuliner Pasar Segamas-Jl. Mayjen Sungkono,Purbalingga.

Di Jogja sendiri, bakmi Jowo merupakan salah satu kuliner yang paling diburu. Banyak penjual bakmi Jowo di Jogja, yang asli dari Gunungkidul.

Dan Anda yang tinggal di Purbalingga dan sekitarnya, mulai Maret 2018 lalu, tidak perlu jauh-jauh ke Jogja atau Gunungkidul untuk menikmati bakmi Jowo. Dijamin, setelah menikmati khasnya Bakmi Jowo 91 khas Gunungkidul yang ada di Purbalingga, Anda akan terus ketagihan.

“Ternyata rasa enaknya cuma 30 persen. Yang 70 persen, hueeenakkkkkk buanggetttttt. Silahkan coba,”ujar Soedino, Ketua Pakarta (Paguyuban Kawula Yogyakarta) ketika diminta komentarnya setelah makan di warung Bakmi Jowo 91, Selasa malam (31/07/2018).

Seporsi bakmi godhog. (Prasetiyo/koranbernas.id)

Bakmi Jowo 91 melayani pembeli pukul 18.00 -00.00 WIB. Pemilik Bakmi Jowo 91 ini adalah Aiptu Sunardi,yang juga asli dari Gunungkidul, tepatnya Desa Krambilsawit,Kecamatan Saptosari.

Sehari-harinya, Sunardi berdinas di Sat Intelkam Bidang Sosial Budaya Polres Purbalingga. Dibantu istrinya,Saptari Indri Prasetyani(42), mereka berdua menjalankan bisnis bakmi Jowo ini. Baru sekitar lima bulan hadir di Purbalingga,namun sambutan konsumen luar biasa.

Tercatat, sejumlah publik figur maupun pejabat sudah mencicipi Bakmi Jowo 91 ini. Di antaranya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, artis Clift Sangra, Ustad Ichsan, politikus Nurul Hidayah Supriyati, Siti Atiqoh Ganjar Pranowo, dan sebagainya.

Baca Juga :  Camilan Produk Pengasih Laku di Supermarket

Sunardi menceritakan, selama ini banyak orang asli Yogyakarta yang tinggal di Purbalingga, dan menyukai Bakmi Jowo. Namun kesulitan  bila ingin menikmati makanan itu. Akhirnya dia berpikir, untuk membuka usaha Bakmi Jowo.

Diberilah nama Bakmi Jowo 91. Maknanya, Jowo merupakan singkatan dari Jogja-Wonosari. Sedangkan 91 atau bilangan dalam bahasa Jawa Sanga Siji, disingkat ngaji. Dalam hal ini, ngaji berarti belajar.

“Istri saya yang asli Purbalingga. Namun mau ngaji atau belajar tentang pembuatan bakmi Jowo di Wonosari GunungkKidul. Jadilah saya beri nama Bakmi Jowo 91  khas Gunungkidul,”  ujar Sunardi yang bercita-cita menjadi pengusaha Bakmi Jowo sukses ini.

Di warung ini, suami istri ini menyediakan menu bakmi godhog/rebus, bakmi goreng, nasi godhog,dan  nasi goreng. Untuk bakmi godhog/rebus dan bakmi goreng per porsi Rp 16 ribu. Sedangkan untuk nasi godhog maupun nasi goreng Rp 15 ribu/porsi.

Selain itu, tersedia juga tahu bacem, tempe bacem, sate rempelo ati dan sate telor puyuh. Sedangkan untuk jenis minuman, ada  teh poci, wedang uwuh ,kopi jahe, jahe susu, teh manis,teh tawar, es teh,es jeruk dan jeruk anget.

Baca Juga :  Uniknya Teman Santai dari Sheraton

“Semua harga yang kami tawarkan ,sangat terjangkau. Yang jelas, kebersihan sangat kami jaga,”ujar Sunardi yang dibenarkan istrinya, Saptari Indri.

Saptari mengatakan, konsumen warung Bakmi Jowo 91 bisa duduk lesehan maupun  duduk di kursi.

“Kami siap melayani jika ada pembeli sampai 20 orang maupun lebih. Kami buat bakmi Jowo dengan resep khusus dan bumbu-bumbu yang prima, sehingga rasanya berbeda dari bakmi-bakmi umumnya yang dijual di Purbalingga sini,”ujarnya, sambil menambahkan bahwa rasa khas Bakmi Jowo 91 bikinannya terletak pula pada alat-alat untuk membuatnya yang tradisional dan tampilannya yang khas.

Lokasinya yang nyaman dengan area parker yang cukup luas, menjadikan warung ini tempat pilihan bagi pemburu kuliner.  Setiap malam Minggu atau malam hari libur, pembeli Bakmi Jowo di warung ini selalu antre.

Pembeli di Warung Bakmi Jowo 91 khas Gunungkidul. (Prasetiyo/koranbernas.id)

Anda penasaran ingin mencicipi Bakmi Jowo 91 Khas Gunungkidul? Silahkan datang saja ke Lapak Kuliner Pasar Segamas-Jl.Mayjen Sungkono, Purbalingga, pada setiap malam hari. Atau juga melayani pesanan siap antar melalui No HP 081328938474. Bisa juga melayani pesanan lewat ojek online,misalnya Grab.

Selamat menikmati Bakmi Jowo 91 khas Gunungkidul……hemmmm…..hueeeenakkkkkk buangggettttt. (SM)