Band-band Indie Mencuri Perhatian Dunia

162
Joox Indie Workshop, Rabu (28/03/2018) di Liquid Cafe Jalan Magelang Yogyakarta. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Keberadaan band-band indie di Indonesia utamanya di empat kota besar yaitu Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Jakarta, selama ini mencuri perhatian dunia.

Bahkan untuk urusan musik, salah satu majalah terkenal di Amerika Serikat (AS) menyebut Indonesia sebagai negara yang terbaik atau the best. Karya musik yang dihasilkan band-band indie dari negeri ini dinilai unik dan menarik.

Hal ini terungkap dalam Joox Indie Workshop, Rabu (28/03/2018) di Liquid Cafe Jalan Magelang Yogyakarta. “Secara talent, kini ini juara., Indonesia memang bervariasi musiknya. Pulaunya banyak banget. Jakarta dan Bandung saja yang berjarak tidak ada 100 kilometer saja musiknya sudah beda banget,” ungkap Wendi Putranto, Manajer Band Seringai.

Baca Juga :  Zilingo Luncurkan Program Beasiswa Bahasa Inggris

Menurut dia, sudah sepantasnya ke depan band-band indie selain menjadi tuan rumah di negeri sendiri juga menjadi tuan rumah di negara lain. Untuk menjadi level internasional, prinsipnya memang harus kerja keras dan kerja cerdas.

Hadir dalam acara itu, Gerindra Prabowo Okky. GM Content Department of Tence Indonesia ini mengungkapkan pihaknya ingin membantu musisi indie di Indonesia memperluas jaringan distribusi mereka.

Sedangkan Kiki Pea, pengamat musik asal Yogyakarta dan pengelola Radio Soekamti mengatakan, Yogyakarta boleh dianggap sebagai laboratorium bagi para musisi indie untuk menemukan formula yang tepat.

“Tradisi kreatif sudah mengakar di kalangan musisi lokal. Kehadiran platform digital seperti Joox, membuat para musisi lokal akhirnya bisa memetik buah dari kerja kerasnya di laboratorium musik ini,” kata dia.

Baca Juga :  Tangisan Kembali Pecah di Pengadilan Negeri Sleman

Pegiat musik digital Yogyakarta, Reno Ferthanto, menambahkan musisi harus sadar dengan perubahan zaman. Karena itu dia mengajak para musisi indie memanfaatkan partnership dengan Joox untuk menjual musik mereka.

Benny Ho selaku Senior Business Development Director of Tencent International Business Group menyatakan Indonesia memiliki banyak musisi berbakat yang tersebar di berbagai daerah. Inilah saatnya bagi mereka memperoleh akses langsung ke Joox, aplikasi musik gratis yang dibuat untuk pecinta musik. (SM)