Bangkrut, Tiga PTS di DIY Dinonaktifkan

443
Koordinator Kopertis Wilayah V DIY, Dr Bambang Supriyadi (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Tiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di DIY, yakni Akademi Komunikasi Yogyakarta (AKY), Akademi Maritim Ganesha dan STIE Mitra Indonesia terpaksa dinonaktifkan. Ketiganya tidak lagi memiliki dosen dan mahasiswa aktif yang berkuliah.

AKY dan Akademi Maritm Ganesha dipastikan tidak akan lagi bisa memperpanjang ijin penyelenggaraan pendidikan. Kopertis Wilayah V DIY sudah mengirim surat pemanggilan ke dua yayasan tersebut namun belum mendapat tanggapan.

“Kalau AKY dan Ganesha(akademi maritime ganesha-red) sudah berat untuk bisa eksis lagi karena ada masalah internal. Untuk AKY, kami sudah kirim surat untuk memanggil yayasan namun tidak datang juga sampai saat ini,” papar Koordinator Kopertis Wilayah V DIY, Dr Bambang Supriyadi kepada wartawan di kantornya, Rabu (04/04/2018).

Menurut Bambang, Kopertis sudah mengirimkan surat penutupan kampus ke Kemenristekdikti sejak dua tahun lalu. Sebab kampus tersebut sudah tidak lagi beroperasi pada sekitar tahun 2013-2014 lalu.

Sedangkan STIE Mitra Indonesia berjanji akan memperbaiki persoalan di internal. Dalam pertemuan dengan Kopertis pada awal Maret 2018 lalu, kampus tersebut meminta waktu hingga tahun ajaran baru untuk mempersiapkan diri karena mereka sudah mendapatkan investor baru.

“Menurut laporan yayasan dari STIE Mitra Indonesia, mereka tengah menyiapkan dosen-dosen baru untuk mengajar calon mahasiswa karena memang aturan dikti, tiap program studi minimal harus memiliki enam dosen,” tandasnya.

Bambang berharap STIE Mitra Indonesia bisa berbenah diri agar kedepan bisa memperbaiki akreditasi. Sebab tiga kampus tersebut saat ini akreditasinya C dan terancam tidak bisa melakukan reakreditasi lagi.

“Kami terus melakukan pengawasan, baik formal maupun random untuk kampus-kampus yang terancam tutup,” imbuhnya.(yve)