Banjir Mengganggu Perjalananan Kereta Api

314

KORANBERNAS.ID–Hujan dengan intensitas yang tinggi hari Minggu (26/11/2017) menyebabkan rel kereta api (KA) di Jalan Tanggulangin – Porong tergenang air. Karena itu  jalur antara Tanggulangin – Porong tidak dapat dilewati oleh kereta api (KA).  Akibat dari kejadian itu beberapa KA yang melewati jalur tersebut terhambat perjalanannya dan tertahan di stasiun.

Penumpang KA  terpaksa dialihkan perjalanannya menggunakan bus oleh pihak PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya. Beberapa perjalanan KA dari arah Malang dengan tujuan Jakarta  dan Bandung yang melewati Surabaya juga harus memutar ke arah Blitar, Kediri, dan Kertosono. Beberapa perjalanan KA yang melewati jalur tersebut bahkan mengalami pembatalan dan KAI mengembalikan seluruhnya bea perjalanan kepada penumpang yang membatalkan tiketnya

Manager Humas  PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto  Ixfan Hendriwintoko, Senin (27/11/2017) mengatakan,  untuk mengatasi gangguan perjalanan ini,  PT KAI Daop 8 Surabaya telah melakukan upaya normalisasi jalur selama 1×24 jam sejak kejadian dengan meninggikan rel menggunakan MTT dan penambahan batu balas. Namun hingga saat ini jalur tetap belum bisa dilewati KA karena ketinggian air hingga hari ini, Senin (27/11/2017) mencapai 29 cm di atas kop rel.

Baca Juga :  Perajin Genteng Curhat ke Gubernur

Guna melayani perjalanan penumpang, Senin (27/11/2017), PT KAI menetapkan skenario operasi perjalanan KA. Kereta api yang mengalami  skenario  operasi,  yakni KA Bima relasi Kertosono – Surabaya Gubeng – Malang dibatalkan, sebagai gantinya dijalankan KLB relasi Kertosono – Blitar – Malang. Sedangkan KA Mutiara Selatan relasi Kertosono – Surabaya Gubeng – Malang digantikan KLB relasi Kertosono – Blitar – Malang.

Penumpang KA Bima dan Mutiara Selatan dengan tujuan Malang, dapat turun di Kertosono dan kemudian dilanjutkan menuju Malang menggunakan KLB relasi Kertosono – Blitar – Malang. Penumpang Bima dan Mutiara Selatan yang berangkat dari Surabaya Gubeng akan menggunakan rangkaian KLB Surabaya Gubeng- Kertosono (PP).

Beberapa KA terdampak banjir Porong yang datang atau melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto dan mengalami kelambatan antara lain, KA  Ranggajati relasi Jember -Surabaya Gubeng – Purwokerto sementara mengalami kelambatan 150 menit. KA  Ranggajati  relasi Purwokerto – Surabaya Gubeng – Jember dibatalkan sebagian untuk relasi Surabaya Gubeng-Jember, hanya sampai Purwokerto. KA Logawa relasi Purwokerto -Surabaya Gubeng – Jember dibatalkan sebagian untuk relasi Surabaya Gubeng -Jember, hanya sampai Purwokerto.

Baca Juga :  Yazid Pastikan Pengadaan Barang dan Jasa Tanpa Intervensi

Atas bencana alam yang mengakibatkan keterlambatan perjalanan KA ini, PT KAI menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pengguna jasa KA.

“Bagi yang mengalami pembatalan perjalanan, silakan mengambil kembali bea tiketnya 100% di loket dengan menunjukkan boarding pass asli dan kartu identitas di loket stasiun,” kata  Ixfan Hendriwintoko.

Hingga saat ini PT KAI Daop 8 Surabaya masih terus berupaya untuk menyurutkan air di lokasi terdampak banjir dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melayani penumpang KA yang mengalami keterlambatan maupun yang dialihkan dengan moda transportasi lain. (SM)