Bank BPD DIY Berikan Bantuan untuk Korban Bencana

178
Dirut Bank BPD DIY Bambang Setiawan menyerahkan bantuan diterima Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Sebagai bentuk kepedulian kepada korban bencana alam banjir dan tanah longsor, Bank BPD DIY memberikan bantuan tanggap darurat.

Bantuan ini diserahkan, Rabu (06/12/2017), di Dusun Buyutan Gedangsari Gunungkidul, oleh Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY Bambang Setiawan, diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Drajad Ruswandono.

Bambang Setiawan mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian atas musibah yang melanda beberapa wilayah di DIY.

“Bank BPD DIY melakukan aksi tanggap darurat bencana dengan menyalurkan berbagai bantuan kepada para korban bencana,” tuturnya.

Khusus di Gedangsari Gunungkidul, Bank BPD DIY menyalurkan bantuan berupa penyediaan alat berat (backhoe) dan peralatan tukang untuk membantu proses perbaikan wilayah tersebut.

Bantuan yang secara simbolis diserahkan dalam acara Gedangsari Bangkit ini, selanjutnya diteruskan kepada Camat Gedangsari, Martono Imam Santoso.

Lokasi longsor di Dusun Buyutan Gedangsari Gunungkidul. (istimewa)

Menurut Bambang Setiawan, Bank BPD DIY telah memberikan bantuan pada kesempatan pertama. “Sejak awal terjadinya musibah minggu lalu, Bank BPD DIY langsung bergerak memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak yang dikoordinasikan oleh masing-masing kantor cabang,” kata dia.

Baca Juga :  Semua Rumah Terdampak NYIA Selesai Dikosongkan

Apresiasi

Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan untuk masyarakat di Kabupaten Gunungkidul, khususnya Gedangsari. Ini sangat membantu untuk proses perbaikan dan pemulihan pascabencana.

Sebelumnya, tak lama setelah musibah banjir terjadi di Gunungkidul, Bank BPD DIY juga menyalurkan bantuan bahan sembako dan pakaian, yang langsung didistribusikan di posko-posko pengungsian di wilayah itu.

Tak hanya di Gunungkidul, di Kabupaten Bantul Bank BPD DIY juga menyalurkan bantuan kepada para pengungsi korban banjir di wilayah Imogiri.

Bantuan diterima langsung Bupati Bantul, Suharsono saat melakukan peninjauan korban banjir di wilayah Imogiri bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rabu (29/11/2017).

Di Kabupaten Kulonprogo, Bank BPD DIY juga menyalurkan bantuan dalam bentuk bahan sembako dan peralatan mandi ke empat posko pengungsi di Panjatan, Lendah, Girimulyo dan Galur.

Baca Juga :  Tanam Gayam Tandai Peringatan Hari Air

Bantuan tersebut langsung didistribusikan di masing-masing posko pengungsian untuk selanjutnya diteruskan kepada para pengungsi.

Di Kota Yogyakarta, bantuan tanggap bencana Bank BPD DIY disalurkan di Kelurahan Juminahan yang diserahkan Direktur Umum Bank BPD DIY, Cahya Widi dan diterima Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti serta disaksikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X seusai melakukan peninjauan lokasi bencana, Kamis (30/11/2017).

Selain untuk memenuhi kebutuhan pokok warga yang terdampak bencana, bantuan dari Bank BPD DIY tersebut digunakan untuk pembangunan fisik seperti pembangunan talud di Kotagede dan perbaikan beberapa rumah warga yang rusak.

“Kami berharap bantuan tersebut bermanfaat dan dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah,” kata Bambang.

Ketua Hiswana Migas DIY, Siswanto serta Dr Siswanto MSi dari Dewan Pendidikan DIY yang hadir pula di Gedangsari, menyemangati warga yang terkena bencana. Pasti ada hikmah di balik musibah. (sol)