Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja Jadi Ikon

736
Bambang Setiawan dan Edy Wibowo menandatangani kerja sama, Senin (04/12/2017), di Kantor Pusat Bank BPD DIY.

KORANBERNAS — Dalam rangka mendukung prestasi olahraga DIY dan mengangkat nama provinsi ini di level nasional, Bank BPD DIY resmi menjadi ofisial Tim Basket Bima Perkasa Jogja.

Klub ini pun namanya resmi berganti menjadi Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja, menyusul ditandatanganinya kerja sama antara Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY Bambang Setiawan dengan dr Edy Wibowo Sp M M PH selaku Presiden Klub tersebut, Senin (04/12/2-17), di Kantor Pusat Bank BPD DIY.

“Bima Perkasa Jogja mendapatkan dukungan dari Bank BPD DIY yang akan menjadi official bank tim basket tersebut. Bank BPD DIY sebagai sponsor maka nama tim berubah menjadi Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja,” ungkap Bambang Setiawan, Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY.

Melalui klub basket itulah brand awareness Bank BPD DIY terangkat (leveraging reputation).  “Bank BPD DIY menjalin kerja sama dengan Tim Basket Bima Perkasa Jogja dengan pertimbangan tim ini merupakan ikon DIY yang berlaga di tingkat nasional, yakni pada kompetisi IBL musim 2017-2018,” kata Bambang Setiawan.

Didampingi Direktur Pemasaran Bambang Kuncoro, pada acara Signing Ceremony Official Bank Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja Basket Club Goes to IBL 2017-2018 kali ini, Bambang Setiawan menyampaikan kerja sama ini nantinya membuahkan manfaat bagi DIY sekaligus mengharumkan nama DIY.

“Dengan segala kerendahan hati saya mengatakan basket DIY belum terangkat. Orang akan melihat, apabila klub basketnya bagus pasti wisatanya keren, sehingga menciptakan multiplier efek bagi perekonomian DIY. Itu semua tercapai jika klub basket berprestasi. Dan jangan lupa fans-nya. Kami akan siapkan fans, semakin banyak yang tahu maka banyak yang mendoakan,” paparnya.

Bima Perkasa Jogja merupakan klub basket profesional berskala nasional yang berdiri 1989 di Malang Jawa Timur sebagai home base-nya dan merupakan tim yang ikut berlaga di Liga Bola Basket Nasional Indonesia atau Indonesian Basketball Leaugeu (IBL).

Akuisisi

Sebelumnya, klub ini bernama Bima Sakti dan berubah nama menjadi Bima Perkasa Jogja seiring beralihnya kepemilikan klub kepada dr Edy Wibowo Sp M M PH. Bima Perkasa Jogja secara resmi diakuisisi oleh dokter Edy Wibowo pada 26 November 2016 dan memindahkan home base-nya dari Malang ke Jogja.

Bima Perkasa Jogja (PBJ) mengikuti ajang kompetisi IBL musim 2017-2018 yang mulai digelar Desember 2017. Memakai logo baru dan pelatih baru yakni Raoul Miguel Hadinoto, Bank BPD Bima Perkasa Jogja membawa semangat baru menghadapi kompetisi IBL Pertalite musim depan.

Bambang Setiawan menambahkan, Bank BPD DIY merupakan Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah (BUMD) yaitu Pemerintah DIY dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY.

Dengan mengusung misi menjadi bank yang Terpercaya, Istimewa dan Pilihan Masyarakat, Bank BPD DIY senantiasa memberikan dukungannya kepada masyarakat Yogyakarta dalam berbagai sektor.

Pada kompetisi IBL 2017-2018, ada sepuluh tim yang berlaga. Yaitu, Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja, Bank BJB Garuda Bandung, Pelita Jaya EMP, Satria Muda Pertamina, W88.News Aspac, Pacific Caesar Surabaya, Hangtuah Sumsel, NSH Jakarta, Siliwangi Bandung, Satya Wacana Salatiga.

Kompetitif

Musim ini, setiap tim akan bertemu masing-masing tiga kali dengan tim lain satu divisi dan satu kali dengan setiap tim di luar divisi.

IBL pun optimiatis, IBL 2017-2018 akan berjalan kompetitif, apalagi pemain asing masih dipertahankan. Rencananya, IBL musim baru akan dimulai pada awal Desember 2017 dan berakhir Juli 2018.

Adapun jadwal penyelenggaraan seri reguler IBL musim 2017-2018, Seri 1 di Jakarta 8-10 Desember 2017. Seri 2 Bandung 15-17 Desember 2017. Seri 3 Semarang 22-24 Desember 2017. Seri 4 Yogyakarta 13-14 Januari 2018. All Star Week di Yogyakarta 13-14 Januari 2018, Seri 5 Solo 19-21 Januari 2018. Seri 6, Malang 26-28 Januari 2018, Seri 7 Surabaya 2-4 Februari 2018 dan Seri 8 di Cirebon pada 23-25 Februari 2018.

Untuk Playoff 1 pada Maret 2018, Playoff 2, April 2018, Semifinal 1 pada Mei 2018, Semifinal 2 pada Juni 2018 dan babak final dijadwalkan Juli 2018.

Adapun pengurus dan pemain tim Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja adalah Presiden Klub dijabat Edy Wibowo, nama badan hukum PT Visi Mata Bima Perkasa, direktur dr Edy Wibowo, komisari Tiara Ariani SE. Mess klub ini berada di Jalan Miliran Umbulharjo Kota Yogyakarta.

Sedangkan para pemain terdiri dari Yanuar Dwi Primasworo, Moh Alan As’adi, Ali Mustofa, Oleh Halim, Tertius Ferdinan Toas Poli, Al Kristian Candra, Handoyo Cahyo Saputro, Fransico Yogi Dasilva, Adree Gumilang Sukmana, Frida Aris Susanto, Melkisedek Basik Basik, Lamhot Marolot Tua S, ditambah dua orang pemain asing yaitu Emilio Park dan Anthoni Mc Donalds.

Edy Wibowo menambahkan, di tahun kedua ini pihaknya melakukan pembenahan termasuk rekrutmen dan seleksi. “Secara kompetitif, kita dengan Bank BPD DIY punya visi sama mengangkat olahraga basket Jogja ke tingkat nasional,” ujarnya.

Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja bermimpin memiliki GOR sendiri sekaligus dijadikan akademi basket, sebab selama ini tempat latihan masih berpindah-pindah. (sol)