Bank BPD DIY Luncurkan Mobile Banking

2981
Soft launching produk dan layanan baru Bank BPD DIY, Jumat (29/12/2017) di Lantai 7 Kantor Pusat bank tersebut.

KORANBERNAS.ID – Bank BPD DIY sebagai bank milik Pemerintah DIY dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY kembali melakukan terobosan dalam upaya meningkatkan pelayanannya kepada para nasabahnya.

Di ujung tahun 2017, Jumat (29/12), bank ini melakukan soft launching empat layanan digital sekaligus yaitu Laku Pandai, Mobile Banking, Cash Management System dan BPD DIY Smart.

Launching aplikasi perbankan digital yang berlangsung di Lantai 7 Kantor Pusat Bank BPD DIY itu dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY, Bambang Setiawan, didampingi jajarannya.

Hadir pula  Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Untung Nugroho serta perwakilan dari Badan Usaha Kredit Pedesaan (BUKP) se-DIY.

“Atas izin Allah SWT dan setelah itu atas izin OJK kami bisa melakukan soft launching produk perbankan yang selama ini sangat kami dambakan. Dengan kekuatan sendiri ternyata kita bisa lebih cepat. Layanan ini menjadi ikon. Nasabah dapat bertransaksi lebih mudah,” ungkap Bambang Setiawan.

Pihaknya terus melakukan pengembangan produk dan layanannya guna memberikan layanan prima dengan produk inovatif berbasis digital dan budaya.

“Bank BPD DIY telah meluncurkan layanan berbasis digital seperti aplikasi BPD DIY Kawan Usaha (BPD DIY-KU dan e-Samsat Jogja yang saat ini juga tergabung dengan program Samsat online nasional,” ungka dia.

Sedangkan produk dan layanan baru berbasis digital yaitu Laku Pandai, Mobile Banking, Cash Management System dan BPD DIY Smart, merupakan hasil dari pengembangan dan inovasi yang dilakukan oleh jajarannya. “Setelah mendapat izin dari OJK produk dan layanan baru ini kami luncurkan,” kata Bambang.

Dia menjelaskan, Bank BPD DIY Mobil merupakan layanan mobile banking yang dapat digunakan nasabah rekening tabungan Sutera dan Simpeda.

Nasabah dapat melakukan transaksi di mana pun dan kapan pun. Jenis-jenis layanan meliputi ganti PIN, informasi saldo dan mutasi rekening, transfer rekening intra-bank, pembelian pulsa Telkomsel maupun  pembayaran tagihan Telkom/Telkomsel.

Adapun Layanan Keuangan tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) Bank BPD DIY merupakan delivery channel yang dapat diakses agen menggunakan aplikasi mobile agen di ponsel.

Calon nasabah menggunakan ponsel standar dengan fitur SMS dengan layanan waktu 24 jam. “Untuk menjadi agen Laku Pandai Bank BPD DIY, nasabah terlebih dahulu harus mengajukan permohonan dan lolos verifikasi calon agen,” ungkap Bambang Setiawan.

Sedangkan layanan Cash Management System (CMS) Bank BPD DIY atau biasa disebut layanan Internet Banking Korporasi (IBK) merupakan solusi layanan perbankan elektronik berbasis akses internet bagi nasabah non-individu (perusahaan atau lembaga).

Nasabah yang bersangkutan dapat melakukan pengelolaan keuangan, monitoring dan transaksi secara langsung real time dan online.

Sementara BPD DIY Smart merupakan aplikasi mobile berbasis android. Keunggulan dari layanan ini lebih efisien, lebih cepat, lebih komunikatif dan lebih mudah dibawa.

Kepala OJK DIY Untung Nugroho memberikan dukungan terhadap inovasi dan upaya Bank BPD DIY. “Kami sependapat, Bank BPD DIY itu punya kita semua dan menjadi kebanggaan,” kata dia.

Untuk itu, masyarakat DIY harus merasa memiliki dulu bank tersebut. “Keunggulan Bank BPD DIY adalah milik kita sehingga akses ke pemerintah lebih mudah. Kami juga mendukung Bank BPD DIY berkembang jadi champion di daerah sendiri,” kata dia. (sol)