Bantul Promosi Wisata ke Jabar

256
Tarian selamat datang menyambut rombongan Dinas Pariwisata Bantul di Desa Wisata Cibuntu Kabupaten Kuningan, Jumat (10/11/2027). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Berbagai upaya dilakukan Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Bantul untuk meningkatkan arus kunjungan ke wilayah ini. Salah satunya melalui promosi ke Jawa Barat (Jabar).

Kali ini, Dinpar menggandeng Dhimas Diajeng Bantul 2017, yang  terpilih belum lama. Dipimpin Ni Nyoman Yudi Riani SET selaku Kabid Pemasaran, mereka diajak berkunjung ke Kabupaten Kuningan untuk studi komparasi.

Rombongan  diterima Hj Nani Rusnani SPd MM Kabid Pemasaran Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Jumat (10/11/2017). Tampak hadir pula Jajaka dan Mojang Kuningan 2017 terpilih.

“Kedatangan kami kemari untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Bantul. Sekaligus Dhimas Diajeng ini  bisa  belajar dan ngangsu kaweruh tentang pengembangan wisata,” kata Ni Nyoman.

Baca Juga :  Sensasi Nikmatnya Makan di Pinggir Sawah

Dhimas Diajeng juga bisa menambah wawasan sekaligus melihat aplikasi pengembangan wisata secara langsung di lapangan. Diharapkan ilmu yang diperoleh bemanfaat bagi Dhimas Diajeng yang  memang memiliki tugas sebagai duta wisata Kabupaten Bantul.

“Kami berharap wisata Bantul terus berkembang sehingga segala target yang dibebankan kepada kami akan tercapai,” katanya. Tahun 2016, Dinpar Bantul ditarget Rp 11,4 miliar dan terealisasi  Rp 12,5 miliar.

Ni Nyoman Yudi Riani SET disambut tarian di Desa Wisata Cibuntu Jabar, dalam rangka studi komparasi Dhimas Diajang 2017, Jumat (10/11/2017). (sari wijaya/koranbernas.id)

Sedangkan 2017 awalnya ditarget Rp 11,5 miliar berubah menjadi Rp 13,75 miliar dalam anggaran perubahan. “Kami genjot segala potensi yang ada termasuk kita kembangkan dan promosikan desa wisata yang kini jumlahnya 39  ,” kata Nyoman.

Tak ketinggalan, potensi wisata bentangan pantai selatan, wisata sejarah maupun wisata alam juga dipromosikan.

Baca Juga :  Burung Putih di Pundak Prof Siti Malkhamah

Nani Rusnani mengatakan guna menggenjot potensi wisata Kuningan pihaknya memberdayakan Jajakan dan Mojang terpilih untuk promosi wisata.

Selain itu, juga menggelar banyak event berskala nasional ataupun internasional, di antaranya Tour De Linggarjati. (sol)