Bappeda Lakukan Penyusunan Laporan Evaluasi Pelaksanaan Renja

344
BAPPEDA selenggarakan pertemuan persiapan penyusunan  laporan evaluasi pelaksanaan Renja Perangkat Daerah Tahun 2018. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Temanggung menyelenggarakan Pertemuan  Persiapan penyusunan Laporan Evaluasi Pelaksanaan Renja Perangkat Daerah Tahun 2018 Triwulan I,  di ruang Sindoro Bappeda, Rabu (21/03/2018).

Di hadapan para pejabat perencanaan se Kabupaten Temanggung Sekretaris Bappeda, Ripto Susilo mengatakan, bahwa pertemuan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terhadap Laporan Evaluasi Pelaksanaan Renja Perangkat Daerah Tahun 2018 Triwulan I.

Mengingat di tahun sebelumnya, dari 66 OPD yang ada, masih terdapat  10 OPD yang mengirimkan laporan tidak tepat waktu.

“Apabila salah satu OPD terlambat mengirimkan laporan hasil Evaluasi Tri Wulan I maka akan berdampak pada terlambatnya pengiriman laporan ke Provinsi,” terangnya.

Karenanya, Ia berharap agar pejabat perencanaan senantiasa melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Apabila kinerja dari masing-masing Perangkat Daerah mengalami keterlambatan, maka perlu dilakukan evaluasi.

Evaluasi dilakukan, lanjutnya, melalui koordinasi denga Pejabat Pelaksana Teknis kegiatan (PPTK). Sehingga keterlambatan bisa diketahui apakah dari aspek keuangan, SPJ terlambat atau dari mekanisme keuangannya sendiri.

Diungkapkan, bahwa penaksiran awal untuk penganggaran di tahun 2019 mengalami  defisit angaran sebesar Rp 67,5 miliar. Hal ini dilihat dari usulan kegiatan dari masing-masing OPD sebesar Rp 1,891 triliun, sedangkan kemampuan keuangan hanya Rp 1,823 triliun.

“Namun kekurangan anggaran tersebut dapat diatasi dengan mengoptimalisasikan pendapatan, rasionalisasi belanja, dan pinjaman daerah,” ucapnya. (SM)