Baru 13 Persen APBD yang Terserap

92
Pimpinan Perangkat Daerah menandatangani perjanjinan kinerja di hadapan Pjs Bupati Sudaryanto di pendopo pengayoman. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Penjabat Sementara Bupati Temanggung, Sudaryanto, memerintahkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung mentaati dan melaksanakan perjanjian kinerja yang telah ditandatangani sepenuh hati berorientasi  pencapaian  target  yang telah ditetapkan.

“Pimpinan Perangkat Daerah memegang tanggung jawab mutlak keberhasilan dan ketidakberhasilan program  kegiatan yang telah dicanangkan,” kata Pjs Bupati Sudaryanto pada penandatanganan perjanjian kinerja Kabupaten Temanggung tahun 2018 Kerja Tuntas Didasari Pengabdian dan Integritas di Pendopo Pengayoman  Selasa (10/04/2018).

Naskah perjanjian kinerja ditandatangani Pjs Bupati  dengan  Sekretaris Daerah, Kepala  Badan, Dinas, Kantor, Camat dan para Kepala Bagian di lingkungan Setda Temanggung.

Menurut Sudaryanto, perjanjian kinerja merupakan  dokumen yang berisikan penugasan dari bupati sebagai pemberi amanah kepada pimpinan perangkat daerah  sebagai penerima amanah untuk melaksanakan  kegiatan.

Baca Juga :  PT Angkasa Pura Ambil Langkah Pengosongan Paksa

Secara khusus, perjanjian kinerja sebagai dasar bagi bupati untuk melakukan monitoring, evaluasi dan supervisi atas perkembangan kinerja Pimpinan Perangkat Daerah.

Bupati selaku pemegang mandat pelaksana pemerintah  secara resmi mendelegasikan penyelenggaraan program dan kegiatan, dengan dikeluarkannya SK pengguna Anggaran dan Kuasa Pengguna Anggaran dan dilanjutkan  perjanjian kinerja.

“Segera selesaikan seluruh program dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab pimpinan Perangkat Daerah. Penyerapan anggaran sampai Maret 2018 baru mencapai 13,68 persen perlu  dipacu  guna memastikan  seluruh  kegiatan dapat dicapai sesuai target waktu yang ditentukan. Layani masyarakat dengan jujur, tanggap, cepat, tepat  dan akurat  melalui inovasi pelayanan publik sesuai harapan masyarakat,“ tandasnya.

Berdasarkan data sistem rencana umum pengadaan, sampai bulan  Maret 2018 penyediaan barang dan jasa dari 145 paket baru terlaksana 8 paket dan 10 paket masih dalam proses lelang.

Baca Juga :  Aksi Titik Nol Dipastikan Batal

Sedangkan 127 paket belum dilelang. Ini harus menjadi catatan bagi Pimpinan Perangkat Daerah dan Kepala Bagian Setda, untuk memastikan pelaksanaan APBD 2018 berjalan sesuai target.

Hal itu dapat dicapai dengan bekerja keras, bekerja cerdas sehingga program kegiatan yang tertuang  dalam RPJMD selesai tuntas.

Asisten Administrasi Sigit Purwanto  mengatakan  penandatanganan perjanjian kinerja bertujuan   mewujudkan komitmen dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas  kinerja  terukur  berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang  serta sumber daya yang tersedia.

Diharapkan program dan kegiatan  terlaksana  secara efektif dan efisien sesuai rencana RPJMD Kabupaten Temanggung  2013-2018.

Perjanjian kinerja ditandatangani 27 kepala OPD  Badan/Dinas, 20 Camat dan 9 Kepala Bagian di lingkungan  Pemkab Temanggung. (sol)