Bawaslu RI Luncurkan Gerakan Awasi Coklit

246
Ketua Bawaslu RI, Abhan dicoklit, di hari pertama Sabtu (21/01/2018) oleh PPDP,  Aini (bertopi oranye). (maharani/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Ketua Bawaslu RI Abhan tak luput dari gerakan nasional pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di kediamannya, Kampung Klipang RT 2 RW 1 Kelurahan Sendangmulyo  Kecamatan Tembalang Semarang, Sabtu (20/01/2018).

Petugas PPDP,  Aini, melakukan coklit kepada Abhan,  istri dan dua anaknya, dengan diawasi langsung Panwaskel Kelurahan Sendangmulyo,  Siti Khajarwati.

Hadir menyaksikan langsung coklit tersebut di antaranya,  Ketua Bawaslu Jateng,  Fajar Saka,  Ketua KPU Jateng,  Joko Purnomo,  Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin dan tiga anggota Panwascam Tembalang.

Abhan berbincang-bincang dengan Ketua Bawaslu Jateng Fajar Saka dan Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin (bertopi). (maharani/koranbernas.id)

Gerakan awasi coklit

Abhan mengapresiasi positif gerakan coklit nasional tersebut. Bawaslu secara nasional juga meluncurkan gerakan awasi coklit.

“Gerakan awasi coklit ini bisa dijadikan momentum untuk semua terlibat mengawasi coklit guna memastikan DPT nantinya tidak bermasalah,” ujar mantan Ketua Bawaslu Jateng seusai dicoklit PPDP.

Baca Juga :  22 Siswa Lolos SNMPTN, SMA Muhammadiyah 2 Bakti Sosial

Menurut Abhan, DPT merupakan masalah yang sangat krusial. Setiap ada persoalan gugatan ke MK, tidak lepas dari persoalan DPT.

Konsekuensinya, Bawaslu harus bisa memastikan warga negara tidak kehilangan hak konstitusionalnya.

“Kita kawal dan awasi dari awal. Kami berharap dengan gerakan ayo awasi coklit, masyarakat aktif untuk memastikan dirinya dicoklit oleh petugas dari KPU,” jelas Abhan.

Dalam proses Coklit ini Bawaslu menempatkan rakyat pada garda terdepan untuk memastikan seluruh masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih tercoklit oleh petugas dari KPU.

Bawaslu bersama rakyat akan memastikan seluruh warga negara Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti.

Ketua Bawaslu Jateng,  Fajar Saka, dalam kesempatan yang sama menyatakan selama ini tahapan coklit menjadi akar permasalahan DPT.

Baca Juga :  Catat, Pantai Selatan Masuk Kawasan Red Ocean

“Kita harus pastikan dari akarnya. Coklit harus memberikan citra keadilan bagi semua masyarakat,” tambahnya.

Fajar Sakha menegaskan Bawaslu Jateng siap mengawasi coklit di wilayahnya. “Kita harus pastikan coklit ini berjalan dengan baik. Jangan sampai ada NIK ganda atau persoalan lain.  Petugas KPU harus memastikan hal tersebut tidak terjadi,” tegasnya. (sol)