Bayar Hutang Negara pun Bisa Untung

132
Sosialisasi SBN seri SBR003 di Eastpark, Rabu (09/05/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID –Mendapatkan keuntungan dari investasi dengan membayar hutang negara  terjamin keamanannya, mungkinkah? Bisa saja karena Kementerian Keuangan  sebenarnya telah menerbitkan  Surat Berharga Negara (SBN) yang bisa dijadikan investasi jangkap panjang.

Kementerian Keuangan bahkan merilis nama-nama perusahan yang berhak menjual SBN secara online pada Aprik 2018 lalu. Salah satunya tanamduit, platform investasi reksa dana online yang dikelola oleh PT Star Mercato Capitale. Berdasarkan Surat Penetapan dengan nomor S-363/PR/2018 yang dikeluarkan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia, tanamduit memang menjadi salah satu Mitra Distribusi dalam rangka penjualan SBR003 ini.

Di tanamduit, SBN seri SBR003 rencananya sudah dapat dibeli secara online (e-SBN) mulai 14 Mei 2018. Selain menjadi bagian dari langkah tanamduit dalam memperkaya pilihan investasi dan memudahkan masyarakat berinvestasi secara online, kehadiran produk SBR ini juga mengakomodasi banyaknya keinginan konsumen yang ingin berinvestasi pada instrumen Surat Berharga Negara.

Baca Juga :  Menpora Ajak Atlet Dialog dari Hati ke Hati

Rini Hapsari, CEO tanamduit, Rabu (09/05/2018) malam, menyatakan, keamanan instrumen SBR ini menjadi salah satu keunggulan produk yang membuat SBR diminati banyak orang. SBR merupakan instrumen investasi yang bisa dibilang zero risk, karena pembayaran pokok dan bunganya dijamin oleh negara.

“Produk ini cocok untuk semua tipe profil risiko nasabah, terutama yang memiliki profil risiko konservatif,” ujarnya.

Investasi di SUN, termasuk SBR, merupakan investasi yang paling aman karena potensi gagal bayar yang sangat kecil. Pembayaran bunga dan pokok dijamin oleh UU Surat Utang Negara Nomor 24 Tahun 2002 Pasal 8 Ayat 2.

“Pemesanan pembelian SBR ini sudah mulai bisa dilakukan di aplikasi tanamduit mulai 14 Mei 2018, namun registrasinya sudah dapat dilakukan mulai sekarang. Prosesnya mudah dan tidak ribet, sehingga bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun,” tambah Rini.

Baca Juga :  Sleman Fokus Pembinaan Seni Musik

Melalui platform layanan pembelian SBR online di tanamduit, nasabah cukup melakukan registrasi dengan menyertakan data pendukung yang diminta. Nasabah perlu mendaftar untuk mendapatkan SID dan nomor rekening surat berharga. Setelah berhasil mendaftar, nasabah akan dikirimkan email berisi informasi mengenai SID dan nomor rekening surat berharga. Nasabah dapat langsung melakukan transaksi pembelian produk SBR, mengamati, serta menikmati keuntungan investasi yang dikirimkan ke rekening bank mereka tiap bulannya.

Dengan sistem pembelian secara online ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk berinvestasi di SUN Ritel khususnya SBR003 dan akhirnya mewujudkan masyarakat yang punya kesadaran berinvestasi.

“Selain menguntungkan untuk diri sendiri, masyarakat juga dapat membantu mencerahkan masa depan bangsa dengan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan investasi di SBR003,” paparnya(yve).