Bayar Pajak Kendaraan Bisa di Balai Desa

276
Gamal Suwartono dari DPPKAD DIY memotong tumpeng didampingi Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin dan perwakilan kepolisian saat peresmian Samsat Desa Argomulyo, Jumat (29/12/2017). (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Ngadimun warga Dusun Selogedong, Desa Argodadi, Sedayu wajahnya berseri-seri saat antre untuk membayar pajak sepeda motor tahunan di Balai Desa Argomulyo usai peresmian Samsat Desa oleh pejabat DPKAD DIY, Gamal Suwartono, Jumat (29/12/2017). Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng dan buntal pita dengan disaksikan Direktur Bank BPD DIY Bambang Kuncoro, Kepala Jasa Raharja DIY, Wahyu Widodo, Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin dan jajaran muspika, Lurah desa se Kecamatan Sedayu, pamong Desa Argomulyo dan tamu undangan lainnya.

“Biasanya saya bayar pajak motor di Godean, sekarang menjadi lebih dekat,”kata Ngadimun kepada koranbernas.id di lokasi.

Sementara  itu Kompol Lutfhi dari Dirlantas Polda DIYmengatakan  untuk DIY menjadi pilot project Samsat desa di Indonesia seperti ditunjuk oleh Korlantas. Hingga ini sudah ada 9 titik samsat desa yang beroperasi.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Membuat Celengan "Jarwo'

“Sebanyak lima samsat desa diresmikan April silam. Empat lainnya menyusul termasuk untuk Desa Argomulyo ini,” katanya.

Sedangkan Wahyu Widodo dari PT Jasa Raharja mengatakan untuk pembayaran pajak tersebut pihaknya mengutip Sumbangan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

“Saat ini pertumbuhan kendaraan bermotor di DIY sangat tinggi pada kisaran 130.000 hingga 150.000 per tahunnya. Paling banyak adalah Sleman disusul Bantul,”katanya.

Kepada pemilik kendaraan diharapkan semua mematuhi aturan termasuk membayar pajak dan juga kutipan dari PT Jasa Raharja sesuai aturan yang telah ditentukan.

Sedangkan Camat Fauzan mengatakan dirinya ingin masyarakat mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat di Sedayu untuk urusan pembayaran pajak motor. Untuk itulah dirinya berinisiatif menghubungi pihak terkait termasuk DPPKAD DIY agar bisa membuka Samsat desa di Argomulyo. Dengan demikian warga Sedayu akan terbantu . Selain juga kecamatan di sekitarnya seperti Sentolo, Godean, Pajangan dan lainnya.

Baca Juga :  Rel KA ke NYIA Siap Dibangun

“Karena sistem onlien sehingga dari sekuruh wilayah DIY bisa bayar pajak tahunan di sini,”katanya. (SM)