Bazaar Buah Duku, akan Jadi Ajang Sosialisasi Pilgub

178

KORANBERNAS.ID–Banyak cara digunakan untuk mensosialisasikan Pilgub Jateng 2018. Seperti yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, yakni memanfaatkan bazaar duku yang akan digelar di halaman Balai Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Sabtu (03/03/2018).

Dijadwalkan, ratusan warga dari berbagai tempat akan menghadiri bazaar buah duku ini. Panitia menyediakan dua ton buah duku kualitas bagus, karena dibrongsong.

Untuk lebih menarik minat masyarakat, kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelompok Petani Duku “Tunas Harapan” Desa Kalikajar, KPU Purbalingga dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kaligondang itu, juga akan digelar live musik.

Untuk diketahui, selama ini  Desa Kalikajar dikenal sebagai penghasil buah duku ternama. Buah duku dari desa ini, dikenal hingga kota-kota besar, seperti Jakarta, Yogyakarta,  Surabaya, Medan hingga Makasar. Ciri khas buah duku asli Kalikajar yang dibrongsong dengan rimpen (tirai terbuat dari bambu), yakni rasa buah  sangat manis, kulitnya tipis, daging buahnya tebal dan warnanya bening,  bijinya kecil bahkan nyaris tidak ada, serta baunya harum.

Baca Juga :  Mebeler Ekobrik Ini Mendapat Pujian Tasdi

“Ini momen yang bagus untuk sosialisasi Pilgub Jateng. Kebetulan sekarang sedang panen raya duku Kalikajar, dan bertepatan menjelang pelaksanaan Pilgub Jateng. Sehingga kami manfaatkan momen ini sebaik-baiknya,”   ujar Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Purbalingga, Sukhedi, M.Ag yang didampingi Ketua Kelompok petani Duku “Tunas Harapan” Desa Kalikajar, Harsono ketika dihubungi koranbernas.id, Rabu (28/02/2018).

Dalam sosialisasi nanti, lanjut Sukhedi, pihaknya akan  menjelaskan bahwa hari H pemungutan suara Pilgub Jateng akan dilaksanakan  Rabu Pon, 27 Juni 2018, diikuti dua pasang calon.Yakni pasangan nomer 1 Ganjar Pranowo -Taj Yasin Maimoen, dan nomer 2 Sudirman-Ida Fauziah. Pasangan nomer 1 diusung  oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar, sedangkan pasangan nomer 2 diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

Saat ini, lanjut Sukhedi,  tahapan Pilgub Jateng 2018 sudah sampai pada tahap kampanye yang akan berlangsung hingga 23 Juni.

Baca Juga :  Syafii Efendi: Indonesia Tidak Butuh Orang Pintar 

“Kami sebagai penyelenggara pemilu sudah menyelesaikan tahapan coklit (pencocokan dan penelitian) daftar pemilih,” ujar Sukhedi yang juga didampingi Divisi SDM dan Parmas PPK Kaligondang, Drs. Prasetyo.

Terkait proses coklit yang telah dilakukan, Sukhedi berpesan kepada warga yang telah  memenuhi syarat sebagai pemilih untuk memastikan dirinya telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan diumumkan 13–19 April mendatang.

“Kami mengingatkan, jika ada warga yang belum terdaftar atau belum dicoklit, agar menghubungi ketua RT setempat atau PPS (Panitia Pemungutan Suara) di desa setempat,” imbau Sukhedi.

Selain informasi tahapan Pilgub, juga disosialisasikan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng yang akan beradu visi –misi pada Pilgub Jateng mendatang. Diharapkan masyarakat mulai memahami dan mengenal calon gubernur dan wakil gubernurnya.

Sukhedi berharap masyarakat dapat menjadi pemilih yang cerdas. Yakni pemilih yang menentukan pilihanya karena kesadaran dan pertimbangan sendiri, bukan karena iming-iming uang.(SM)