BBM Jenis Premium Menghilang

Warga Bingung dan Terpaksa Beralih ke Pertalite

373
SPBU Cokro Tulung Klaten yang hanya menjual BBM Pertalite, Solar dan Pertamax. BBM jenis premium benar-benar hilang. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Bahan Bakar Minyak ( BBM) jenis Premium di Kabupaten Klaten benar-benar langka. Karenanya, pemilik kendaraan bermotor terpaksa beralih ke jenis Pertalite.

Meski kecewa atas menghilangnya Premium namun pemilik kendaraan terpaksa menggunakan Pertalite karena BBM jenis lain dirasakan lebih mahal harganya.

“Premium sudah tidak ada lagi. Terpaksa menggunakan Pertalite karena yang paling murah,” kata Hardiyanto, warga Jogosetran Kalikotes, Senin (04/06/2018).

Saat ditemui di SPBU Jalan Merbabu Klaten Tengah, Hardiyanto mengaku bingung. “Dulu Premium dihapus dan gantinya Pertalite. Baru-baru ini ada informasi Premium katanya dijual lagi. Tapi mengapa langka sekali,” terangnya.

Senada dikemukakan Nugroho, PNS di lingkungan Setda Klaten. Menurut dia, BBM jenis premium bukannya langka namun lebih tepat dikatakan sudah tidak ada. Sebab SPBU dari Prambanan hingga Delanggu benar-benar sudah ada.

“Saya itu pernah pulang dari Solo menuju Klaten. Ternyata SPBU yang saya lewati tidak ada yang menjual Premium lagi. Padahal lebih murah banding BBM lain. Karena yang paling murah Pertalite terpaksa beli Pertalite,” ujarnya.

Tidak adanya BBM jenis premium juga diakui sejumlah karyawan SPBU di Klaten. “Sudah tidak menjual premium lagi, Pak. Adanya Pertalite, Solar dan Pertamax,” kata karyawan SPBU Cokro Tulung.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Klaten, Mursidi, saat dikonfirmasi mengaku BBM jenis Premium sudah tidak ada di Klaten.

Karenanya, permohonan rekomendasi pembelian BBM di kantornya hanya BBM jenis Solar saja. (sol)