BCA-Keluarga Alumni de Britto, Siapkan Dana Abadi Pendidikan

334
Cyrillus Harinowo bersama Panitia Lustrum XIV SMA Kolese de Britto dan Mendikbud.(istimewa)

KORANBERNAS.ID–PT Bank Central Asia Tbk bersama Keluarga Alumni SMA Kolese de Britto Yogyakarta, menyiapkan kerjasama guna mendukung pendidikan dan menyediakan beasiswa bagi siswa-siswa berprestasi di sekolah ini.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pembina Keluarga Alumni SMA Kolese de Britto Yogyakarta Dr Cyrillus Harinowo kepada wartawan, disela-sela seminar bertajuk Harmoni dalam Keberagaman dalam rangka Lutrum XIV sekolah tersebut, Kamis (26/07/2018).

Program ini, kata Syrillus akan berkelanjutan. BCA bakal menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi agar dapat melanjutkan pendidikanya.

“Kali ini mengadakan seminar membahas isu kekinian. BCA sendiri sejak  tiga tahun terakhir menjadi sponsor utama dan diharapkan bisa mengajak sponsor lain untuk ikut serta sehingga bisa menjadi pundi-pundi pengumpulan beasiswa bagi siswa berprestasi di SMA Kolese de Britto Yogyakarta,” katanya.

Cyrillus berharap kegiatan-kegiatan seperti seminar ini ke depan dapat digelar rutin. Selain sebagai sumbangsih pemikiran, kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya membangun dana abadi bagi de Britto.

“Dana yang dikumpulkan bisa mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kalau sudah ada dana abadi, maka beasiswa bisa dilaksanakan dengan mengambil dana bunga dana abadi itu. Melalui cara seperti ini menyiapkan generasi yang diharapkan berkontribusi besar bagi bangsa dan negara,” papar Cyrillus yang merupakan alumni tahun 1971.

Selama ini, melalui Bakti BCA, perusahaan telah melakukan serangkaian kegiatan CSR termasuk di dunia pendidikan. Untuk tingkat SMU, selain de Britto, kegiatan CSR juga dilakukan untuk membina beberapa sekolah di daerah minus menjadi unggulan. Contohnya di SMAN 3 Serang, SMAN 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul serta akan dilanjutkan di kawasan Jawa Timur dan Sumatera Barat.

“SMAN 3 Serang bertahun-tahun tidak pernah dilirik orang. Melalui pembinaan Bakti BCA sejak tahun 2003, kini menjadi sekolah unggulan. Bahkan, banyak masyarakat yang ingin bejalar disana. Begitu pula di SMAN 1 Karangmojo di tahun 2003 membangun laboratorium komputer yang dilengkapi satelit V-Sat dan kini menjadi referensi pendidikan di sana,” ungkap Cyrillus yang juga sebagai Komisaris Independen BCA.

Presiden Keluarga Alumni SMA Kolese de Britto  A Tony Prasetiantono menjelaskan seminar bertajuk Harmoni dalam Keragaman ini sebagai bentuk kepedulian terhadap isu nasional yang universal. Dalam hal ini mengenai bagaimana menciptakan harmoni dalam khidupan masyarakat Indonesia yang beragam, majemuk, pluralistik atau bhineka. (*/SM)