BCA Salurkan Beasiswa Rp 500 Juta untuk Mahasiswa Berprestasi UGM

302
ilustrasi

KORANBERNAS.ID–PT Bank Central Asia Tbk (BCA), tahun ini kembali menyerahkan beasiswa kepada 16 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dengan nilai total Rp 4,45 miliar. Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu perguruan tinggi penerima beasiswa Bakti BCA.

Beasiswa Bakti BCA senilai Rp 500 juta diserahkan secara simbolis oleh Kepala Pendukung Operasi Wilayah II BCA Tjia Irawan kepada Direktur Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada Suharyadi di BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta.

Tjia Irawan mengatakan, program Beasiswa Bakti BCA hadir sebagai bentuk komitmen BCA untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia.

Beasiswa Bakti BCA dikembangkan sejak tahun 1999 dan ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala keuangan. Diharapkan beasiswa yang diterima para mahasiswa, termasuk mahasiswa Universitas Gadjah Mada ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.

Pada tahun 2016, BCA memberikan beasiswa senilai Rp 4,25 miliar kepada 587 mahasiswa. Dukungan yang diberikan tidak hanya berhenti pada dukungan materiil, melainkan BCA juga secara aktif  melengkapi mahasiwa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi dan persiapan memasuki kerja.  “Mahasiswa berprestasi memiliki potensi luar biasa yang harus kita dukung pengembangannya. Mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja akan menghadapi persaingan yang ketat, terutama memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. Kami berharap Beasiswa Bakti BCA dapat turut mendukung upaya kita bersama untuk meningkatkan daya saing serta kualitas sumber daya manusia Indonesia,”tambah Tjia Irawan.

Beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke-18 dan terus mengevaluasi dana yang diberikan. Tercatat pada tahun 2014 dana dialokasikan untuk program Beasiswa Bakti BCA senilai Rp 3,8 miliar dan diserahkan kepada 16 perguruan tinggi negeri. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp 4,1 miliar pada tahun 2015, Rp 4,25 miliar pada tahun 2016 dan kembali ditingkatkan menjadi Rp 4,45 miliar di tahun 2017.

Adapun jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa pada periode tahun ajaran 2014/2015 adalah sebanyak 481 mahasiswa, 554 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2015/2016, kemudian 587 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2016/2017, serta 636 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2017/2018.

BCA tidak sekadar memberikan dana beasiswa, melainkan juga akan memberikan, menambah dan meningkatkan pengetahuan soft skill serta memperluas wawasan melalui kegiatan seminar, pelatihan, dan mentoring. Ini dilakukan agar para penerima beasiswa Bakti BCA akan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus.(*/sur)