Belum Lulus, 75 Persen Siswa Diterima Kerja

430
Kepala SMKN 1 Sewon Dra Sudaryati Mpd mewisuda 10 besar siswa di sekolah di Dusun Pulutan, Desa Pendowoharjo, Sewon Bantul Kamis (3/05/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Kepercayaan Dunia Usaha dan Dunia (DUDI) terhadap lulusan SMKN 1 Sewon sangat tinggi. Hal itu terbukti, saat  siswanya belum lulus dan menerima ijazah, sudah 75 persen yang terserap bekerja. Jumlah itu diyakini bertambah ketika sudah dilakukan pengumuman dan  wisuda purna siswa yang dipimpin  oleh Kepala Sekolah Dra Sudaryati Mpd, Kamis (03/05/2018).

Sebelum wisuda seluruh  lulusan, dilakukan wisuda kepada 10 siswa lulusan terbaik yakni Dwi Murtiningsih dengan nilai 335, Fajar Ayu Angraini dengan nilai 333, Fitri Istiyana dengan nilai 331,5, Dwi Prasetyo dengan dengan nilai 329,5 da Eka Nur Fitriani degan nilai 319.

Juga Nur Arifah dengan nilai 318, Andrianny Ayu Lestari dengan nilai 317, Marwah Ratih dengan nilai 316,5 Rahyuna Hendriani dengan nilai 316,5 dan Muthia Haryani dengan nilai 32,5. Juga diberikan penghargaan bagi peraih nilai 100 untuk Mapel matematika yakni Deni Safitri.

Acara dihadiri Kepala UPT Dikmen Bantul, Drs Suhirman, Muspika Sewon,  487 siswa kelas XII yang diwisuda  berikut orang tua atau wali dan tamu undangan lain. Acara dimeriahkan dengan kesenian hadroh dan karawitan,pertunjukan bela diri siswa, kesenian,peragaan busana serta paduan suara guru.

Alhamdulillah siswa kami lulus 100 persen. Dan sudah 75 persen terserap dunia kerja melalui job fair yang dilakukan beberapa waktu lalu. Selain juga banyak kalangan industri yang datang dan menjalin kerjasama. Jumlah ini Insha Allah terus bertambah setelah resmi kelulusan,”kata  Dra Sudaryati diampingi  Wakasek bidang Humas, Dra Suwantini kepada koranbernas.id di lokasi.

Apa yang diraih tersebut merupakan bentuk kepercayaan DUDI kepada alumni dari SMKN 1 Sewon yang membuka  5 program keahlian yakni Perhotelan dan Pariwisata, Kuliner, Tata Busana, Tata Kecantikan serta Teknik Komputer dan Informatika.

Pencapaian ini, menurut Kepala  Sekolah menjadi penyemangat bagi keluarga besar SMKN  1 Sewon untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Sehingga keberadaan SMK 1 Sewon benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Selain menyiapkan tenaga kerja handal dan juga menciptakan lulusan yang memiliki jiwa wira usaha, sekolah ini juga  menyiapkan lulusan untuk bisa melanjutkan  pendidikan ke jenjang berikutnya sesuai yang diharapkan. (yve)