Berburu Novel Jelang Liburan Akhir Tahun

210
Musiyam menata dagangan bukunya, Sabtu (16/12/2017). (arie giyarto/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Menjelang liburan akhir tahun, kios-kios buku di kompleks Taman Pintar Yogyakarta ramai dikunjungi  pembeli. Musiyam, karyawan Kios Buku Indah menyatakan, menjelang liburan seperti ini banyak orang mencari buku-buku cerita, novel dan sebagainya.

Namun demikian menurut Supriyadi selaku pemilik kios tersebut, karena beberapa bulan lagi akan ujian, soal-soal ujian SD, SMP  dan SMA banyak dicari. Termasuk buku-buku pelajaran untuk persiapan ujian maupun ulangan.

Di tempat ini banyak tersedia buku cerita anak-anak yang sangat bervariasi. Tampilannya menarik, warna-warni yang disukai anak-anak.  Penuh gambar dan tercetak memakai font besar sehingga memudahkan anak-anak membaca.

Sebagian buku menggunakan dua bahasa, Indonesia dan Inggris, sehingga mempermudah anak-anak belajar cerita itu dalam  bahasa Inggris.

Selain buku cerita fiksi, ada pula cerita legenda seperti Malin Kundang, Jaka Tarub, Nyai Roro Kidul.  Mau cari buku berlatar belakang dakwah agama seperti Sunan Kalijaga, juga tersedia di tempat itu. Harganya bervariasi mulai Rp 7.000, Rp 10.000 sampai puluhan ribu tergantung ketebalan dan ukuran buku.

Sabtu (16/12/2017) siang,  SMK Negeri 1 Purbalingga memborong berkardus-kardus buku, nilainya lebih dari Rp 10 juta. Sekolah tersebut memang salah satu dari pelanggan Kios Buku Indah.

Menurut karyawan SMKN 1 Purbalingga menjawab pertanyaan koranbernas.id, jenis buku yang diboyong sangat bervariasi, sesuai kebutuhan para siswa.

Selain buku pelajaran aneka ilmu, ada juga novel. Sebagian untuk menambah koleksi perpustakaan. Hampir setiap tahun sekolah tersebut belanja buku di Kios Indah, maupun kios buku lain di kompleks Taman Pintar.

Kios-kios yang semula menempati Shopping Center itu, menyediakan buku-buku dan majalah baru maupun bekas. Novel remaja membanjiri pasaran, sebagian ditulis oleh penulis-penulis muda yang sekarang bermunculan. Harganya sekitar Rp 50.000.

Sesudah menempati kios-kios yang dibangun melengkapi Taman Pintar, pembeli lebih nyaman karena tempatnya representatif dibanding sebelumnya yang terkesan kumuh tidak tertata. Di kios-kios itulah tersedia segala macam buku semua cabang lmu.

Bahkan buku-buku Yassin yang dipakai warga untuk tahlilan pun ada. Buku itu belum bersampul dicetak pada kertas HVS. Harganya mulai dari Rp 2.000. Sedang kertas glossy dan lebih bagus lagi, harganya Rp 5.500 per buku. “Tinggal memilih sampul di percetakan, buku Yassin sudah tampil bagus,” kata Mus.

Dengan semakin mudahnya orang mendapatkan sesuatu ilmu lewat internet, Mus mengatakan ada pengaruh terhadap arus pembeli. Meskipun dia tidak bisa mengatakan berapa persen penurunannya.  (sol)