Berbusana Jawa, Pedagang Pasar Srago Rayakan Hari Kartini

221
Suasana upacara memperingati Hari Kartini di Pasar Srago Mojayan Klaten, Sabtu (21/04/2018). (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID–Suasana Pasar Srago di pinggir Jalan by pass Kelurahan Mojayan Kecamatan Klaten Tengah tampak ramai, Sabtu (21/04/2018) pagi. Keramaian bukan karena aktivitas pedagang yang berjualan namun karena para pedagang dan pengelola pasar ikut merayakan peringatan Hari Kartini.

Kesibukan pedagang untuk menyukseskan acara tersebut telah terlihat sejak Jumat (20/04/2018). Mulai dari persiapan menentukan lokasi upacara dan rangkaian acara yang akan ditampilkan.

“Upacara peringatan Hari Kartini rutin digelar. Acara diprakarsai oleh paguyuban pedagang dan pengelola pasar,” kata Agus, paguyuban pedagang Pasar Srago.

Seperti halnya perayaan Hari Kartini di tempat lain, peserta upacara di parkiran Pasar Srago juga mengenakan pakaian adat Jawa. Komandan upacarapun dipimpin seorang wanita.

Baca Juga :  OP Beras Digelar, Harga di Pasaran Tetap Mahal

Kekompakan antar seluruh peserta upacara menunjukkan betapa harmonisnya iklim di Pasar Srago. Itu terlihat sejak pasar dibangun hingga penempatan kembali bangunan pasar oleh pedagang pasca pembangunan tahun 2016.

Usai upacara, dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kebutuhan pokok kepada warga tidak mampu di sekitar Pasar Srago.

Meski upacara tidak dihadiri Kepala Pasar Srago Agus Setiyono dan Kepala UPTD Pasar Wilayah Kota Didik Sudarto karena menghadiri peringatan Hari Kartini tingkat Kabupaten Klaten di Prambanan, namun peringatan di Pasar Srago berjalan lancar dan sukses. (SM)