Berdiri di Pegunungan, Sekolah Ini Kuatkan Karakter

210
Bupati Bantul Drs H Suharsono meresmikan SMP Islam Terpadu (SMP IT) di Dusun Ngajaran Desa Sidomulyo Bambanglipuro, Jumat (13/07/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID —  Bupati Bantul Drs H Suharsono meresmikan gedung SMP Islam Terpadu (IT) Ar Raihan  di Dusun Ngajaran Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro, Jumat (13/07/2018).

Peresmian ditandai penandatanganan prasasti dan pengguntingan  pita dengan disaksikan Muspika Bambanglipuro, pihak Yayasan Ar Raihan serta warga sekitar dan tamu undangan lain.

“Saya menyambut baik dibangunnya sekolah ini. Diharapkan bisa menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bantul dan pemerataan pendidikan,” kata Bupati.

Pembina Harian Yayasan Ar Raihan  Agus Effendi SE mengatakan sebelumnya SMP IT berlokasi di daerah Manding. Dengan semakin banyaknya siswa  yang masuk di tahun ke-5 ini diperlukan sekolah yang lebih luas agar semakin nyaman untuk kegiatan pembelajaran.

“Saat ini jumlah siswa kita ada 100 orang dari kelas VII hingga kelas IX,”kata Agus Effendi. Kelas VII menerima 52 siswa baru tahun ini dan masih menerima pendaftaran, karena  ada 14 kursi yang belum terisi.

Menurut Gus Eff, pihak Ar Raihan membangun sekolah dengan lahan yang lebih luas tersebut di wilayah Ngajaran yang relatif sepi, jauh dari keramaian dan berada di dataran tinggi alias pegunungan.

“Harapannya siswa akan lebih konsen belajar dan lebih tenang,” katanya. Menggunakan konsep full day school, sekolah ini selain memberikan bekal akademik bagi siswanya, juga dibekali dengan agama yang kuat. Termasuk budi pekerti dan sopan santun.

“Mereka yang menamatkan pendidikan di Ar Raihan diharapkan selain memiliki kecerdasan, juga memiliki pemahaman agama  yang baik serta berakhlak mulia,” katanya. (sol)