Berita Gembira, Dana Pensiun Karyawan Meningkat

250

KORANBERNAS.ID –Director and Chief of Employee Benefits Manulife Indonesia, Karjadi Pranoto mengatakan bahwa Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang dikelola PT Manulife Indonesia mencapai Rp 12,84 triliun hingga kuartal I-2017.

“Kami juga terus mendorong agar perusahaan-perusahaan mengoptimalkan program pensiun bagi karyawannya,” kata Karjadi dalam acara company gathering DPLK Manulife di Hotel Grandhika Semarang.Semarang, Jumat (11/08/2017).

Dijelaskan capaian dana kelolaan senilai Rp 12,84 triliun itu terbagi atas dua program, yaitu DPLK Reguler sebesar Rp 9,78 triliun dan DPLK Program Pensiun untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) sebesar Rp 3,05 triliun.

“Dibandingkan pencapaian DPLK kuartal I tahun sebelumnya ada pertumbuhan sebesar 20%,” tambah Karjadi Prajoto.

Baca Juga :  Airlangga Jangan Memilih Kader Mimikri

Pada kuartal I-2016, DPLK Manulife mencapai Rp 10,63 triliun, sedangkan pada kuartal I tahun ini melonjak hingga Rp 12,84 triliun.

Menurut dia, pertumbuhan ini merupakan bukti bahwa perusahaan semakin sadar untuk memikirkan pensiun ataupun pesangon bagi karyawannya. Apalagi, jika melihat pertumbuhan DPLK PPUKP yang baru tiga tahun diluncurkan dari aset awal Rp 241 miliar, kini sudah mencapai Rp 3,05 triliun.

Pencapaian tersebut tidak hanya karena keaktifan Manulife melakukan edukasi kepada perusahaan calon nasabah potensial. Akan tetapi, juga karena kesadaran korporasi yang mulai mencadangkan dana untuk pensiun karyawan.

Manulife mencatat, jumlah klien korporasi DPLK hingga kuartal I-2017 mencapai 1.704 perusahaan dengan total peserta 457.838 orang. Adapun, mayoritas sektor yang menyumbang pertumbuhan tersebut di antaranya, garmen dan farmasi.(Maharani/yve)

Baca Juga :  Aset FT Beralih ke Kanomas Sesuai Prosedur