“Berkarya Tidak Harus Berdasi”

116
Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budianto menyampaikan pesan-pesannya tatkala menghadiri Penganugerahan Alumnni Award 2018,  Jumat (11/05/2018) malam, di Selasar Gedung Pascasarjana UMY. (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr Ir Gunawan Budianto berpesan untuk para mahasiswa serta alumni kampus tersebut supaya terus berkarya untuk masyarakat.

“Mahasiswa maupun alumni harus mempunya karya dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Berkarya tidak perlu harus berdasi dan memiliki barang mewah, akan tetapi harus tumbuh dari kesadaran sendiri dan peka terhadap kondisi sosial saat ini,” ujarnya, Jumat (11/05/2018) malam.

Pesan yang terasa mendalam dan menyentuh hati itu disampaikannya saat menghadiri Penganugerahan Alumnni Award 2018 yang berlangsung di Selasar Gedung Pascasarjana UMY,  Kampus Terpadu UMY.

Menurut Gunawan, mahasiswa maupun alumni UMY harus bertindak sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Untuk berkarya, seseorang tidak perlu menjadi orang lain tetapi cukup menjadi diri sendiri dan mendedikasikan diri semaksimal mungkin terhadap masyarakat.

“Saya berharap kegiatan Alumni Award ini bisa berkelanjutan setiap tahun dan bisa merangkul alumni dari seluruh angkatan,” kata dia.

Baca Juga :  Keluarga Harus Punya Ketahanan Dalam Pengasuhan Anak

Lebih lanjut Gunawan Budianto mengatakan, untuk melihat hasil dari proses pendidikan yang dilaksanakan oleh UMY, maka yang dijadikan tolok ukur adalah para alumni. Apakah sudah membanggakan atau belum.

Hampir 30 ribu alumni UMY sudah tersebar di berbagai penjuru Indonesia dan internasional. “Alumi Award ini merupakan ajang untuk mencari karakter alumni yang telah banyak memberikan kontribusi pada bidang apapun dan telah berhasil meningkatkan harkat dan martabat masyarakat,” tuturnya.

Alumni terbaik yang dipilih oleh dewan juri itulah yang kemudian memperoleh penghargaan dan diberikan pada Puncak Milad ke-37 UMY.

Selama ini hubungan alumni dan universitas sudah berjalan baik dan harmonis. UMY merasa perlu untuk menjaga dengan memberikan penghargaan kepada para alumninya.

“Banyak masukan dari alumni terhadap UMY, baik dari pengembangan kurikulum, kegiatan kemahasiswaan, akses beasiswa, pekerjaan bahkan membantu promosi di seluruh Indonesia,” kata dia.

Baca Juga :  The Ambarrukmo Siap Gelar Wedding Exhibition

Gali potensi

Pihaknya ingin alumni tidak hanya memberikan value kepada UMY, akan tetapi yang menjadi faktor penting adalah transfer of knowledge.

Selain itu, soft skill dan hard skill juga harus dimiliki oleh para alumni, karena hal tersebut merupakan acuan dalam menggali potensi yang dimiliki para alumni.

Ke depan, lanjut Gunawan, standar alumni UMY harus diperkuat, perlu dibentuk dari masa perkuliahan dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkarya.

Memang, keberadaan alumni sebuah universitas perannya sangat strategis untuk membantu peningkatan kualitas dan mutu dari perguruan tinggi. Hampir setiap perguruan tinggi memiliki organisasi alumni.

Demi menjaga dan merawat alumni, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan penghargaan kepada alumninya.

Penghargaan tersebut merupakan rangkaian dari Milad ke-37 UMY bertema One Step Beyond, yang juga bertujuan untuk mempererat kembali silaturahim antara para alumni dari semua angkatan. (sol)