Berkat Medsos, Pencuri 12 Sepeda Dibekuk Petugas

304
Kasatreksrim Polres Bantul, AKP Anggaito Hadi Prabowo SIK memberikan keterangan terkait  pencurian sepeda, Rabu (24/01/2018) siang. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Anggota tim Resmob Polres Bantul Ipda Supriyadi SH dan Ipda Rudianto SH dari unit Resmob Polsek Sewon berhasil membekuk AWS (29) warga Prawirodirjan, Kota Jogja. AWS adalah tersangka pelaku pencurian sepeda merk Polygon di SDN 01, Jambidan, Banguntapan di wilayah Sorowajan.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, ternyata di rumah tersangka ada 4 sepeda lainnya yang diduga hasil curian.

Lima barang bukti sepeda berikut helm BMC warna hitam dan jaket parasit warna biru yang dipakai saat melakukan aksi jahatnya turut diamankan petugas.

Saat melakukan aksinya, AWS bersama rekannya LF alias Lupek menggunakan sepeda motor. Aksi mereka menjadi perbincangan ramai di media sosial, karena ada warga yang sempat melihat, memfoto dan menguplodnya.

Baca Juga :  Legenda Ketoprak Tradisional Mainkan Geger Singosari

“Berawal dari foto tersebut, kemudian kami kembangkan di lapangan dan berhasil menangkap satu pelaku. Kalau pelaku satunya saat ini masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan identitas sudah dikantongi,” katanya.

Menurut Anggaito, setelah dilakukan pemeriksaan lebih jauh, tersangka mengaku sudah melakukan aksi 12 kali. Kendati yang  bersangkutan bukan termasuk spesialis pencuri sepeda gunung.

“Dia beraksi hanya di waktu siang hari, dan tidak ada target tertentu. Pokoknya saat melihat ada kesempatan dia melancarkan aksinya,”kata Anggaito.

Dan pada aksi ke 12 inilah, petualangan AWS berakhir setelah dibekuk petugas. Kejadian terakhir menimpa anak Agus Setiawan (35 tahun) warga Demangan, Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan.

Baca Juga :  Tiga Mobil Damkar Berhasil Padamkan Kobaran Api

Saat itu anaknya seperti biasa bersekolah  menggunakan sepeda dan memarkir sepeda  di sekolah tersebut sejak pukul 07.00 WIB. Namun saat pulang sekolah pukul 13.00 WIB sepeda sudah raib.

Atas kejadian yang menimpa anaknya pada tanggal 19 Januari itu, Agus melapor ke Polsek Bangutapan dan ditindak lanjuti oleh petugas gabungan.

Akhirnya tersangka berhasil diringkus Sabtu (20/1/2017) pukul 23.30 Wib di wilayah Sorowajan. (SM)