Berkurban Bisa Lewat Ojek Online

189
Para driver GrabExpress mengantar paket hewan kurban ke lima kota, Rabu (23/08/2018).(istimewa)

KORANBERNAS.ID — Di era teknologi informasi saat ini, berkurban dalam perayaan Idul Adha 1439 Hijriyah saat ini ternyata bisa dilakukan secara oline. Diantaranya lewat PKPU Human Initiative yang bisa menyalurkan hewan kurban bagi masyarakat yang membutuhkan.

Untuk mewujudkan program itu, PKPU Human Initiative bekerjasama dengan GRAB. Bahkan program tersebut berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori pembagian paket daging kurban lewat layanan kurir online GrabExpress terbanyak dengan 5.000 daging kurban di lima kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Padang dalam rangkaian kampanye #KemenanganItuDekat yang mengajak masyarakat berbagi semangat kemenangan berkurban di Idul Adha 1439 H.

“Kami sangat senang dapat kembali bermitra dengan Grab pada perayaan Iduladha tahun ini untuk memberikan akses terhadap teknologi terkini dan dukungan operasional kepada masyarakat dalam pengumpulan donasi dan membantu memudahkan masyarakat untuk menjalankan ibadah kurban dan berdonasi dengan lebih mudah, aman dan terpercaya dengan dukungan teknologi.” kata Aan Suherlan, Ketua Program Sebar Qurban Nusantara, PKPU Human Initiative di Jakarta, Rabu (22/08/2018).

PKPU Human Initiative sebagai institusi kemanusiaan yang telah berdiri sejak 1999 dan berfokus pada isu-isu kemanusiaan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan tanggap darurat, baik di Tanah Air maupun luar negeri. PKPU Human Initiative sebelumnya bernama PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional.

“Perubahan nama dan logo merupakan langkah kami untuk mewujudkan visi menjadi Lembaga kelas Dunia yang terpercaya dalam membangun kemandirian, adapun cabang kami tersebar di 13 Cabang di Nusantara dan Luar Negeri yaitu di Korea Selatan, Inggris, Australia dan 9 representatif yang tersebar di beberapa Negara yaitu Amerika Serikat, Arab Saudi, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, Qatar, Taiwan, Turki dan Uni Emirat Arab,” ungkapnya.

Pencatatan MURI Program Pembagian 5.000 paket daging kurban lewat layanan kurir online GrabExpress di 5 Kota, Rabu (23/08/2018).(istimewa)

Sementara Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs, Grab Indonesia, mengungkapkan pihaknya mengajak para pengguna Grab untuk bersedekah dan berbagi daging hewan kurban hanya dengan sentuhan jari melalui integrasi layanan GrabExpress dengan program ‘Sebar Qurban Nusantara’ (SQN) yang rutin diselenggarakan PKPU Human Initiative setiap tahunnya.

Menurut Tri, Grab yang mendapatkan donasi dari mitra menjadi perpanjangan tangan dalam mendekatkan kemenangan berkurban kepada semua pada perayaan Iduladha tahun ini. Program ini membawa Grab satu langkah lebih dekat dengan visi kami untuk menjadi ‘everyday super app’.

“Grab menjadi one-stop solution yang memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Kami harap inisiatif ini dapat membantu meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan menyebarkan rasa kemenangan dan keikhlasan berkurban,” jelasnya.

Melalui program ‘Grab Kurban’, para pengguna setia Grab dapat turut berdonasi kurban dengan memberikan likes di media sosial Grab dan bersedekah langsung lewat laman khusus donasi kurban PKPU yang kemudian akan disalurkan ke berbagai wilayah di Tanah Air dengan layanan GrabExpress. Pendistribusian 5.000 daging kurban yang dilakukan Grab bersama PKPU Human Initiative dengan layanan GrabExpress di lima kota ini berhasil mencatatkan rekor MURI sebagai pendistribusian terbanyak yang dilakukan di Indonesia.

Saat ini, Grab memberikan layanan on-demand dengan cakupan terluas di 225 kota di 8 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia di mana Grab melayani kebutuhan masyarakat Tanah Air akan layanan transportasi dan pengantaran yang aman, nyaman, dan terjangkau di 137 kota mulai dari Sabang hingga Merauke didukung oleh ratusan ribu agen Kudo di 500 kota dalam menjalankan komitmen untuk membawa peluang ekonomi digital kepada kelas ekonomi menengah baik di daerah perkotaan maupun pedesaan di Tanah Air.

Grab menjadi salah satu mobile platform O2O di Asia Tenggara, yang menyediakan sejumlah layanan yang paling dibutuhkan untuk mendukung aktivitas harian konsumen. Bepergian, makan, mengirim paket maupun barang belanjaan dan membayar dengan satu dompet elektronik. Grab meyakini bahwa setiap penduduk Asia Tenggara harus dapat menikmati manfaat ekonomi digital.

“Grab menyediakan akses terhadap layanan transportasi yang aman dan terjangkau, layanan pengiriman paket dan makanan, layanan pembayaran mobile dan keuangan. Kini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja,” imbuhnya.(yve)