Bermodal 1 Kuintal Lele, KPU Sosialisasikan Pilgub Jateng

200
MANCING BERSAMA--Ratusan massa ikut mancing bersama acara sosialisasi Pilgub Jateng, Minggu (25/02/2018). (Prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Mendekati masa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rabu, 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga semakin  gencar melakukan sosialisasi ke berbagai komunitas dan kelompok masyarakat.

Seperti pada hari Minggu (25/02/2018), acara sosialisasi dilakukan dengan cara mancing bersama di Desa Lambur, Kecamatan Mrebet.

Kegiatan ini melibatkan Paguyuban Mancing Mania Guyub Rukun Purbalingga. Panitia menyediakan satu kuintal ikan lele untuk dipancing secara gratis oleh masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di areal saluran irigasi RT 3 RW 8 Desa Lambur itu, terlihat ramai oleh ratusan pemancing dewasa dan anak-anak.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak desa yang telah menyiapkan lokasi mancing bareng sekaligus sosialisasi Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018,” ujar Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Purbalingga, Sukhedi di sela-sela kegiatan itu.

Dalam kesempatan itu, Sukhedi menjelaskan bahwa Pilgub Jateng akan dilaksanakan  Rabu Pon, 27 Juni 2018. Pesta demokrasi ini diikuti dua pasang calon.Yakni pasangan Nomer 1 Ganjar Pranowo -Taj Yasin Maimoen, dan Nomer 2 Sudirman-Ida Fauziah.

Pasangan nomer 1 diusung  oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Sedangkan pasangan Nomer 2 diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

Saat ini, lanjut Sukhedi, sudah sampai pada tahap kampanye yang akan berlangsung hingga 23 Juni.

“Kami sebagai penyelenggara pemilu sudah menyelesaikan tahapan coklit (pencocokan dan penelitian) daftar pemilih. Hasil coklit sementara terdapat  652.708 pemilih. Itu masih proses menuju penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ujarnya.

Terkait proses coklit yang telah dilakukan, Sukhedi berpesan kepada warga yang telah  memenuhi syarat sebagai pemilih untuk memastikan dirinya telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan diumumkan 13 – 19 April mendatang.

“Kami mengingatkan, jika ada warga yang belum terdaftar atau belum dicoklit, agar menghubungi ketua RT setempat atau PPS (Panitia Pemungutan Suara) di desa setempat,” imbau Sukhedi.

Selain informasi tahapan Pilgub, juga disosialisasikan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng yang akan beradu visi – misi pada Pilgub Jateng mendatang. Diharapkan masyarakat mulai memahami dan mengenal calon gubernur dan wakil gubernurnya.

Sukhedi berharap masyarakat dapat menjadi pemilih yang cerdas. Yakni pemilih yang menentukan pilihannya karena kesadaran dan pertimbangan sendiri, bukan karena iming-iming uang.

Selain di Mrebet dengan mancing bareng, sosialisasi pada Minggu (25/02/2018) juga dilakukan di Desa Tlahab Lor,Kecamatan KJarangreja, di sela-sela senam massal. Di Desa Darma, Kecamatan Kertanegara, sosialisasi dengan sasaran persatuan ibu-ibu  penderes gula kelapa. Dan dijadwalkan pada Sabtu (03/03/2018) sosialisasi dilakukan di Desa Kalikajar,Kecamatan Kaligondang, di sela-sela bazar buah duku. (SM)