Bermodal Emas 15 Gram, Bisa langsung Daftar Haji  

110

KORANBERNAS.ID—Besarnya pasar haji, mendorong PT Pegadaian melakukan terobosan dengan melakukan inovasi pelayanan khusus untuk umat Islam. Melalui inovasi ini, umat muslim yang ingin menunaikan ibadah Haji dan belum cukup dana untuk mendaftar haji di Departemen Agama, dapat memanfaatkan simpanan emas mereka.

“Cukup dengan modal emas antara 15 hingga 20 gram, seorang muslim bisa langsung kami daftarkan sebagai calon haji ke Departemen Agama. Dengan begitu, mereka sudah pasti mendapatkan kursi dan tinggal menunggu pemberangkatan menyesuaikan dengan jadwal dan kuota dari pemerintah,” kata Mushonif SE MM, Deputi Bisnis PT Pegadaan Area Yogyakarta, Kamis (29/03/2018) malam.

Inovasi ini, katanya, merupakan bentuk dukungan Pegadaian terhadap pelaksanaan ibadah haji yang merupakan kewajiban bagi umat Islam. Dengan layanan ini, umat Islam lebih mudah memastikan pendaftaran haji.

Baca Juga :  Teknologi Dorong Perkembangan Promotor Event Kecil

“Untuk mendaftar ke Depag kan harus membayar 25 juta. Dana sebesar itu, belum tentu langsung siap. Tapi dengan emas sekitar 15-20 gram senilai sekitar 7 juta, seorang muslim sudah bisa mendaftar ke Depag,” kata Mushonif.

Ketentuan emas 15-20 gram, karena penaksiran emas tersebut tergantung dari kadar karat. Semakin tinggi kadar karatnya, maka emas timbangan atau bobot emasnya semakin kecil dan sebaliknya.

Dikatakan, mendaftar haji dengan cara ini memiliki banyak keuntungan. Selain dapat lebih awal mendaftar haji, seorang muslim cukup membayar angsuran sebesar Rp 670.000 per bulan, maksimal selama 60 bulan atau 3 tahun.

Ketika masa angsurannya selesai, maka nasabah ini masih memiliki modal berupa emas 15-20 gram yang dipastikan nilainya sudah jauh meningkat dibandingkan saat pertama kali dititipkan di Pegadaian.

Baca Juga :  Kolaborasi Nusantara Warnai 29 Tahun Al-Fath

“Biaya haji itu kan selalu mengalami kenaikan. Kalau kita nabung dalam bentuk rupiah, sulit mengejar kenaikan nilai kurs. Tapi lain kalau kita nabung emas. Boleh jadi harga emas saat kita mau berangkat haji, sudah jauh melampaui kenaikan nilai kurs,” imbuhnya.

Dluncurkan sejak sekitar 2 tahun silam, belum banyak masyarakat yang mengetahui produk atau layanan baru dari PT Pegadaian ini. Mushonif mengatakan, hingga Februari 2018, nilai transaksi untuk pembiayaan haji yang dberi nama Arrum Haji ini baru mencapai Rp 2 miliar.  (SM)