Biaya Urus Sertifikat Tanah Tak Sampai Rp 1 Juta

243
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten Sujarno didampingi Kepala Desa Mlese Sanyoto menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL di aula Kantor Kepala Desa Mlese Cawas, Rabu (04/04/2018). (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sejumlah 247 sertifikat tanah warga Desa Mlese Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten hasil Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) 2017 diserahkan kepada pemiliknya, oleh Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Pertanahan Kabupaten Klaten, Sujarno.

Penyerahan secara simbolis yang berlangsung di aula Kantor Kepala Desa Mlese itu disaksikan Kades Mlese Sanyoto dan perangkat desa setempat.

Kepala Kantor Pertanahan Sujarno mengatakan penerbitan sertifikat tersebut merupakan program pemerintah dan telah melalui persyaratan lengkap.

Tujuan program tersebut untuk memberikan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki dan meningkatkan perekonomian warga.

Pada 2017, Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten ditargetkan menerbitkan 14.200 sertifikat dan tahun ini ditargetkan 30 ribu sertifikat.

Baca Juga :  Kurikulum 2013 Agar Diaplikasikan

“Tahun ini ada 48 desa yang menjadi sasaran program PTSL,” kata Sujarno.

Kepala Desa Mlese Sanyoto menjelaskan saat ini tanah di wilayahnya hanya sedikit yang belum bersertifikat. Tanah tersebut milik warga dan tanah kas desa. “Tinggal sedikit yang belum bersertifikat. Mungkin sekitar seratus bidang saja yang belum,” terangnya.

Sigit, salah seorang warga merasa senang atas terbitnya sertifikat tanah itu. “Senang sekali, Pak. Kalau ngurus sendiri mungkin prosesnya lama dan biayanya mahal. Lewat program ini bisa cepat dan biayanya tidak sampai satu juta rupiah,” jelas Sigit yang hadir pada acara itu setelah mendapat kuasa dari adiknya untuk mengambil sertifikat.

Proses penyerahan sertifikat tanah tersebut ada yang langsung kepada pemiliknya dan ada juga yang mewakilkan. Bagi pemilik yang tidak bisa hadir bisa diwakilkan oleh keluarga dengan memperlihatkan surat kuasa dan fotokopi KTP. (sol)

Baca Juga :  DPRD Perintahkan Bongkar Shelter Pusat  Kuliner