Bidan Desa Tidak Boleh Minta Pindah Tugas

429
Pjs Bupati Sudaryanto menyerahkan SK PNS kepada perwakilan  bidan desa di Pendapa Jenar Setda Temanggung. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Penjabat Sementara Bupati Temanggung, Drs Sudaryanto MSi, menyerahkan Surat Keputusan pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada 96 bidan desa.

Pengambilan sumpah dan janji yang berlangsung di Pendapa Jenar Setda Temanggung, Rabu (28/03/2018) kali ini disaksikan Sekretaris Daerah, Asisten III, Kepala DKK, Kepala BKPSDM dan pejabat terkait.

Sudaryanto dalam sambutannya mengatakan, pengambilan sumpah PNS merupakan suatu amanah yang wajib dilaksanakan.

“Introspeksi diri sebagai PNS memang sangat diperlukan, sebagai koreksi diri terhadap sumpah yang telah diucapkan saat diambil sumpahnya sebagai PNS,” ujarnya.

Sumpah janji  diwujudkan dalam pernyataan kesanggupan melakukan keharusan sebagai PNS sebagaimana mestinya.

Tugas itu harus dijalankan secara totalitas penuh keikhlasan, kejujuran dan tanggung jawab atas konsekuensi logis sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sudaryanto meminta para penerima SK PNS meningkatkan kinerjanya mengabdi kepada bangsa dan negara  guna melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. “Diterimanya SK PNS mesti disyukuri dengan bekerja penuh tanggung jawab kepada Kabupaten Temanggung,” pintanya.

Mereka juga tidak boleh meminta dipindahtugaskan  ke daerah lain di lingkup Kabupaten Temanggung maupun ke luar daerah.

Di sisi lain, juga dilarang melakukan hal-hal yang dapat menurunkan kehormatan atau martabat negara, pemerintah dan PNS serta menyalahgunakan wewenang.

“Para tenaga bidan yang diangkat menjadi PNS diharapkan  melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga selamat sampai purnatugas,” kata dia.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Drs Djakfar, menjelaskan 96 bidan penerima SK PNS sudah lulus dari  masa percobaan, diklat prajabatan dan persyaratan lain.

Mereka sebelumnya menerima SK CPNS dari hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Program Pegawai Tidak tetap (PTT) Kementerian Kesehatan  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung tahun anggaran 2017.

“Tugas sebagai CPNS per 1 April 2017 dan resmi sebagai PNS  mulai 1 April 2018. Para bidan ditempatkan di 96 desa yang tersebar di 20 kecamatan untuk melaksanakan tugas melayani kesehatan masyarakat,” kata Djakfar. (sol)