Bila Para Napi Dilatih Bertani

263
Warga binaan Lapas Cebongan berlatih mencampur pupuk saat mengikuti pelatihan bertani melalui program Camp Asimilasi “Berdikari” Yayasan Bina Insan Berdikari. (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Para narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan Sleman memperoleh pelatihan bertani. Mereka tidak hanya dilatih mengolah tanah saja tetapi juga merawat tanaman dan belajar pengolahan hasil tanaman.

Ini merupakan bagian dari program Camp Asimilasi yang bernama Berdikari, sekaligus sebagai upaya untuk memberikan keterampilan dan kegiatan bagi warga binaan.

“Kami ingin agar warga binaan memiliki aktivitas produktif serta dapat menjadi bekal mereka untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” ujar Arief Budiantoro, Koordinator Yayasan Bina Insan Berdikari, selaku penggagas camp yang sudah berdiri sekitar  enam bulan lalu.

Kepada koranbernas.id, Minggu (01/04/2018), dia menyampaikan di lokasi camp setiap hari ada 10 warga binaan yang melakukan kegiatan pertanian.

Warga binaan melakukan aktivitas bertani di area pertanian Lapas Cebongan. (dwi suyono/koranbernas.id)

Terdapat banyak aktivitas pertanian seperti menanam tanaman buah dan sayur atau kerajinan. Adapun luas area pertanian yang digarap sekitar 3.000 meter persegi, ditanami berbagai produk buah dan sayuran.

Dalam kesempatan yang sama staf Lapas Cebongan, Rubianto, mengemukakan kegiatan yang dilakukan camp positif bagi pembinaan para napi.

“Kegiatan camp dapat merubah pola pikir sehingga akan berdampak positif bagi masa depan warga binaan,” ungkapnya.

Ustanti, salah seorang mentor pertanian mengemukakan jenis tanaman dipilih yang paling mudah tumbuh serta mudah dirawat seperti jagung manis dan kedelai.

“Yang dilatih kan sistem pertanian yang sederhana dan mudah sehingga akan mudah dilakukan. Tidak hanya belajar bercocok tanam tetapi juga olahan bahan pangan tersebut,” kata dia.

Agusbiantoro, salah seorang warga binaan peserta pelatihan mengemukakan kegiatan di camp banyak manfaatnya serta menambah keterampilan dan pengetahuan. (sol)