Bocah Ini Menggigit Kerupuk Sambil Merem

427
Siswa SLB Negeri 1 Wonosari mengikuti lomba makan kerupuk di halaman sekolah,  Rabu (16/08/2017). (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Lihatlah ekspresinya saat bocah ini menggigit kerupuk sambil merem. Begitulah kemeriahan acara peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Wonosari Gunungkidul, Rabu (16/08/2017).

Suasana tampak riuh dan mengharukan ketika lomba berlangsung di halaman sekolah. Sebanyak 150 siswa dari tingkat TK hingga SMA ikut ambil bagian dalam lomba memukul air, menendang balon dengan terong terikat di pinggul, makan kerupuk dan lari kelerang.

Anak-anak tampak bahagia seperti pada umumnya siswa mengikuti perlombaan, sebagian lainnya yang sedang tidak mengikuti perlombaan ikut bersorak mendukung temannya.

Namun beberapa anak ada yang tidak mengikuti instruksi dari guru. Dilarang menendang balon, tetapi malah sebaliknya balon itu ditendang. Suasana meriah ketika salah seorang pemain menjadi pemenang lomba.

Siswa kelas V, Adian Bayu Santosa, mengaku ikut lomba menendang balon menggunakan terong cukup sulit karena belum pernah ikut lomba seperti itu. Namun dirinya senang bisa mengikuti perlombaan tersebut. “Sulit balonnya berisi air sehingga berat,” katanya.

Bayu yang mengaku bercita-cita sebagai musisi itu saat ini tekun ikut kelas musik. “Saya senang ikut latihan musik. Saya bisa main dram dan dangdutan lho,” katanya bangga.

Sedang Dwi Indah siswa kelas IX SMP ini mengaku senang mengikui lomba pecah air dan makan kerupuk. Dia senang bisa berlomba bersama teman-temannya. “Enak makan kerupuk, senang sekali ikut lomba 17-an,” ucapnya.

Kepala Sekolah SLB N 1 Gunungkidul, Widi Pranyata, mengatakan berbagai macam kegiatan perlombaan ini diikuti seluruh siswa. Mereka mengikuti lomba sesuai dengan kemampuan masing-masing. “Tidak semua siswa mampu mengikuti lomba,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan menumbuhkan rasa patriotisme dan cinta Tanah Air, selain itu juga mengajak anak untuk disiplin. Anak-anak berkebutuhan khusus ini diajak bermain dan berlomba agar tetap semangat dalam menggapai cita-citanya. (st aryono)