Boom Juara Voli Yunior 2017

520
Wakapolres Kompol Dax Emanuelle Samson Manuputty didampingi sejumlah pengurus PBVSI menyerahkan tropi kepada Kapten Club Boom yang berhasil meraih juara pertama. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Club Bola Voli Boom dari Desa Pandemulyo Kecamatan Bulu berhasil keluar sebagai juara pertama kejuaraan bola voli antar club yunior kelompok putra  se-Kabupaten Temanggung (Kejurkab) tahun 2017. Dalam partai final di GOR Bambu Runcing Temanggung Minggu (27/08/2017)  Club Boom mengalahkan Club Ganesa dari Desa Gemawang Kecamatan Gemawang dengan skor 3 – 1. Untuk juara 3 ditempati Club Putra Mandiri Temanggung yang mengalahkan RRC Kandangan dengan skor 3-0. Dengan kekalahan itu RRC harus puas menjadi juara 4. Kejurkab ditutup Wakapolres Kompol Dax Emanuelle Samson Manuputty ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para juara.

Sedang untuk kelompok putri, juara pertama diraih Putri Mandiri Temanggung setelah dalam final mengalahkan SMK Negeri 2 Temanggung dengan skor 3-2. Tempat ke 3 dan 4 direbut Abimanyu Kandangan dan Idola Gelapansari Parakan setelah dalam pertandingan perebutan tempat ke 3 berakhir dengan skor 3-1 untuk Abimanyu.  Para juara selain mendapat trophy juga memperoleh piagam penghargaan dan uang pembinaan dari panitia.

Dalam partai final putra antara Boom melawan Ganesa berjalan seru. Perolehan nilai keduanya berlangsung alot susul menyusul. Kedua tim tampil agresif saling menyerang melalui smash-smash tajam. Kemenangan Boom diraih pada set pertama 25 – 20, set kedua  25 – 20 dan set keempat 25 – 17. Sedang satu-satunya kemenangan Ganesa didapat pada set ketiga dengan perolehan angka  25 – 22.

Untuk perebutan juara 3  antara Putra Mandiri melawan RRC juga berlangsung ketat. Namun Dewi Fortuna nampaknya berpihak pada Putra Mandiri hingga bisa menang 3 set langsung. Set pertama 25 – 22, set kedua 25 – 17 dan set ketiga 25 – 18.

Sedang partai final putri antara Putri Mandiri kontra SMK N 2 Temanggung juga berlangsung seru dan menegangkan. Kemenangan Putri Mandiri diraih pada set kedua  25 – 14, set ketiga 25 – 21 dan set penentuan set kelima 15 – 6. Sedang SMK N 2 Temanggung didapat pada set pertama 25 – 19 dan set keempat 26 – 24.  Pada perebutan juara 3 yang dimenangkan Abimanyu atas Idola 3 – 1 juga berlangsung menarik. Abimanyu menang pada set pertama 25–7, set ketiga 25 – 20 dan set keempat 25 – 23. Sedang Idola menang pada set kedua dengan skor 25 –15.

Secara keseluruhan  turnamen bola voli antar club  yang diselenggarakan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Pengurus cabang Temanggung berjalan menarik disaksikan ribuan penonton. Kejuaraan diikuti 43 klub terdiri 37 klub putra dan 6 klub putri yang tersebar di 20 kecamatan.

Ketua Harian PBVSI Suyono  menjelaskan, kejuaraan Bola Voli  yang berlangsung sejak tanggal 23 Agustus 2017 hingga 27 Agustus  2017 di GOR Bambu Runcing diikuti club – club yunior yang pemainnya rata-rata berusia muda antara  16 – 18 tahun.

Kejurkab  selain merupakan kalender tahunan PBVSI juga diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-72  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017. Kejuaraan bertujuan  sebagai upaya pembinaan peningkatan prestasi club dan untuk mencari bibit atlet bola voli andal.

“Diharapkan para atlet yang terjaring dan terpilih nantinya bisa meningkatkan prestasi olah raga bola voli Temanggung diberbagai event baik skala lokal, regional maupun nasional bahkan internasional,”  harapnya sembari menambahkan agenda  terdekat  bakal mengikuti kejuaraan Pra Porprov  Jateng di Purwodadi Nopember mendatang. (Edy/Sm)