BPJS Ketenagakerjaan Tidak Tinggal Diam pada Perusahaan yang Patuh 

131
Kepala BPJS TK Kanwi Jateng-DIY Irum Ismantara, Jumat (22/12/2017) secara menyerahkan penghargaan Platinum Award untuk sejumlah perusahaan yang layak menjadi tauladan dalam pelaksanaan program Jaminan Sosial BPJS TK. (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Sejumlah perusahaan di DIY dan Jateng meraih Platinum Award dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Dari DIY, PT Sari Husada Generasi Mahardhika merebut Juara Harapan. Sedangkan Juara I , II dan III masing-masing diraih oleh PT Teknik Umum Jaya Pratama Semarang, PT Samkyung Jaya Garment dan PT Dan Liris.

Platinum Award merupakan penghargaan dari BPJS TK untuk perusahaan-perusahaan yang menunjukkan komitmen tinggi mengikutsertakan para karyawannya dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. Komitmen ditunjukkan dengan patuh dan tertib administrasi.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY, Irum Ismantara mengatakan, penghargaan untuk perusahaan-perusahaan platinum ini rutin diberikan setiap tahun. Pemilihan perusahaan ditilik dari seberapa patuh dan tertib perusahaan tersebut mengikuti program BPJS TK.

“Jadi bukan semata melihat kontribusi mereka dalam besaran premi yang dibayarkan. Tapi juga kepatuhan dan tertib administrasi. Perusahaan yang terpilih, sudah pasti tidak melakukan pelanggaran, seperti misalnya hanya melaporkan sebagian karyawan, atau melaporkan sebagian upah, mengikutkan sebagian program jaminan sosial. Dan yang pasti mereka tepat waktu dalam membayarkan premi,”kata Irum.

Baca Juga :  Grand Aston Yogyakarta Bertamu ke Koran Bernas
Penampilan grup Keroncong “Sinten Remen” pimpinan Djaduk Ferianto, cukup menghibur tamu undangan dalam acara gtahering yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng-DIY (istimewa)

Dalam acara pemberian penghargaan yang dikemas dengan gathering dan dimeriahkan penampilan grup Sinten Remen pimpinan Djaduk Ferianto ini, Irum mengingatkan pentingnya mengikutsertakan karyawan dalam program jaminan sosial. Selain karena perintah undang-undang, memberikan perlindungan untuk karyawan dengan mengikutsertakan mereka dalam program BPJS TK adalah sebuah investasi penting yang akan meningkatkan performance dan produktivitas pekerja.

“Kalau sudah diikutkan dalam program jaminan sosial ini, karyawan akan lebih tenang dalam bekerja. Sehingga diharapkan produktivitasnya juga akan meningkat,” tandas Irum.

Berbarengan dengan pemberian penghargaan ini, BPJS TK juga memberikan apresiasi terhadap pihak-pihak yang ikut aktif berkontribusi dalam program Gerakan Nasional (GN) Lingkaran. GN Lingkaran merupakan program yang dikembangkan agar perusahaan-perusahaan ataupun  individu dapat memberikan donasi dan membiayai program jaminan sosial bagi para tenaga kerja mandiri yang tidak mampu. Penerima penghargaan untuk GN Lingkaran ini adalah Pertamina PLBC Cilacap, Sumber Alfaria Tri Jaya, serta Bank Jateng Cabang Cilacap.

Baca Juga :  Mebel Jerman Maksimalkan Luasan Lahan

Dikatakan, target dari program ini adalah, agar para pekerja mandiri yang tidak mampu, tetap dapat mengakses jaminan sosial yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Salah satu cara identifikasi para pekerja rentan ini adalah dengan melihat kondisi kerja yang jauh dari standar, memiliki resiko tinggi, hasil minim dan rentan dengan gejolak ekonomi serta tingkat kesejahteraan mereka di bawah rata-rata. (*/SM)