BPR dan Bank Umum Bersaing Sengit Perebutkan Pasar Mikro

131
Bupati Kebumen HM  Yahya Fuad mengambil  sumpah dan memberi ucapan  selamat kepada Direktur Utama PD BPR Bank  Kebumen, Rudi Rastiyono SE, Rabu (03/01/2018) (istimewa)

KORANBERNAS.ID— Persaingan  bisnis antara Bank Perkreditan  Rakyat (BPR) dengan bank  umum, akhir-akhir  ini semakin sengit.   Keduanya bersaing meraih segmen  pasar mikro.

“Pasar mikro yang  selama  ini  menjadi nasabah BPR sekarang menjadi nasabah  bank umum,” ungkap Ir HM Yahya Fuad SE,  Bupati  Kebumen, ketika melantik  Direktur Utama PD BPR Bank Kebumen, Rudi Rastiyono SE, Rabu (03/01/20018).

Direktur utama  PD BPR Bank Kebumen ini merupakan hasil seleksi  terbuka  yang diselenggarakan Pemkab  Kebumen belum  lama ini. Otoritas  Jasa  Keuangan (OJK) menilai Rudi Rastiyono memenuhi kompetensi  menduduki  jabatan  tersebut.

HM Yahya Fuad  mengingatkan, sebagai badan usaha milik daerah yang bergerak di bidang perbankan, PD BPR Bank Kebumen memiliki peran strategis mendorong perkembangan perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Pemda DIY Harus Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Dia berharap PD BPR Bank Kebumen dapat terus berkembang menjadi BPR yang sehat, maju dan profesional. Agar dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Perusahaan Daerah selain sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga diharapkan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara luas.

Oleh karena itu,  dengan dilantiknya  direktur  yang baru akan memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kebumen.

“Tugas ini memang tidak mudah,  karena persaingan industri perbankan semakin ketat. Bank-bank umum juga mulai membidik pasar mikro,” kata bupati.

PD BPR Bank Kebumen hendaknya memiliki target market yang spesifik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kredit PD BPR Bank Kebumen diharapkan menggerakkan kegiatan produksi masyarakat.

Baca Juga :  Kepala Desa Tidak Perlu Merasa Takut

Dengan demikian, PD BPR Bank Kebumen dapat menjadi agen pertumbuhan ekonomi di kabupaten ini.  Pada kesempatan ini bupati berharap jajaran Pengurus PD BPR Bank Kebumen selalu menjaga kepercayaan masyarakat, dengan cara terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik, mudah dan cepat. (sol)