Buat Games Sendiri ? Cuma Butuh 30 Menit

259
SIswa SMA/SMK mengikuti pelatihan dan lomba Games diUJB, Minggu (19/11/2017). (yvesta putu sastrosoendjojo)/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Games sudah menjadi bagian dari keseharian remaja pada saat ini. Tak melulu sebagai hiburan, banyak games yang dapat dimainkan, bahkan dikembangkan aplikasinya untuk mengasah kreativitas dan karakter pelajar.

“Karenanya kami mencoba memberikan pelatihan singkat kodu game lab milik microsoft bagi seratusan siswa SMA/SMK se-DIY, Boyolali dan Magelang selama dua tahun terakhir,” ujar Ryan Ari Setyawan MEng, Kaprodi Teknik Informatika Universitas Janabadra Yogyakarta (UJB) disela Pelatihan dan Lomba Membuat Games Tingkat SMA/SMK di kampus setempat, Minggu (19/11/2017).

Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mengajarkan pelajar membuat games dengan aplikasi dasar menggunakan user interface dari Microsoft. Pembuatan games menggunakan logika dan metode ‘drag’ adan ‘drop’.

Aplikasi games gratis, dalam pelatihan tersebut dikembangkan secara mandiri oleh peserta selama 30 menit. Hasil dari pengembangan tersebut kemudian dilombakan dan dikirim ke Microsoft bagi pemenangnya.

Games baru hasil rakitan pemenang tersebut kemudian dimasukkan dalam aplikasi di Playstore. Dengan demikian bisa diunduh untuk dimanfaatkan secara massal di smartphone.

“Kalau dari pengalaman tahun lalu, pemenangnya mengembangkan kodu game lab jadi games futsal, racing dan fighting,” jelasnya.

Ryan berharap melalui pelatihan dan lomba tersebut, para pelajar memiliki ketrampilan dalam bidang teknologi informasi (TI). Sebab di era modern ini, kemampuan TI menjadi salah satu kompetensi yang perlu dimiliki generasi muda.

“Dengan tema yang dibebaskan, maka pelatihan tersebut akan menjadi awal dari generasi muda untuk menghasilkan karya yang lebih baik, bahkan bisa menghasilkan uang melalui aplikasi yang mereka buat,” tandasnya.(yve)