Buaya Temuan Warga Dilepas dari Kandang

304
Buaya koleksi GL Zoo. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Seekor buaya temuan warga Dusun Kwagon Sidorejo Godean Sleman yang sempat dirawat di kandang terpisah, saat ini sudah dilepaskan di kandang besar berisi buaya sejenis.

“Sekarang sudah kami lepaskan, campur dengan buaya-buaya sejenis yang lebih besar,” kata Sidik Pramana, Kanit Reptil & Pisces Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, Selasa (12/12/2017).

Menurut dia, buaya muara sepanjang sekitar satu meter itu begitu diserahkan ke kebun binatang tersebut langsung dirawat dan dikandangkan tersendiri.

Buaya itu dipergoki seorang pemancing di wilayah Dusun Kwagon saat terjadi banjir akibat siklon Cempaka, beberapa waktu lalu.

Kabid Perawatan Satwa,  Miftah Nur Khasan, menerangkan pada 1 Desember silam saat dilapori warga ada temuan buaya di Godean, pihaknya langsung meluncur untuk mengambilnya.

Baca Juga :  Bupati Sebut Potensi Bencana di Sleman Tinggi

Buaya yang lepas pascabanjir itu sempat meresahkan warga dusun setempat. Karena itu, para relawan Pakuwojo Sleman beserta petugas Polsek Godean, Pol PP Kecamatan dibantu aparat Koramil dan aparat Desa Sidorejo berupaya mencari dan menangkapnya.

Dengan adanya penyerahan buaya dari warga, kini GL Zoo memiliki koleksi buaya 26 ekor, terdiri 12 ekor jenis muara, 12 ekor jenis sinuling dan 2 ekor buaya jenis caiman. (sol)