Buka Puasa Bersama “Sahabat Berbagi”, Anak Panti Dibuat Terpingkal-pingkal di Hotel

292
Penampilan Riza n friedns Pantomim, dalam acara Buka Bersama Sahabat Berbagi, Jumat (02/06/2018( malam. (Surya Mega/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Jumat (01/06/2018) boleh jadi saat paling membahagiakan bagi ratusan anak-anak dari tiga panti di Yogyakarta. Bukan semata karena mereka melewati acara buka puasa bersama, tapi juga mendapat suguhan tausiyah yang menghibur dan pentas pantomim dan sulap yang super lucu.

Ini terjadi, saat  digelar acara buka puasa bersama 100 anak panti yang diinisiasi oleh Sahabat Berbagi Jogja di Hotel Grand Mercure Jogja.

Tampilan pemain pantomim dari Riza n friends berhasil mengundang tawa riuh peserta. Aksi kocak Riza yang masih kelas 4 SD saat menggoda lawan mainnya yang jauh lebih dewasa, begitu lucu.

Tak kalah seru, adalah tausiyah dari Ustadz Achmad Fauzi yang menyampaikan materi tentang menjaga diri agar masuk Surga. Pemaparan materi kerohanian melalui metode gambar yang disampakan Ustadz Fauzi, terasa ringan dan mudah dipahami.

“Untuk bisa masuk surga, maka kita harus mampu menjaga diri dan mengalahkan musuh. Siapa musuh kita tak lain adalah syeitan. Kalau musuh kita itu harimau, singa atau semua makhluk kasat mata, kita bisa lari menghindar, bisa memukul, bisa menggunakan senjata. Kalau musuh kita makhluk goib, caranya bagaimana?. Caranya adalah berlindung kepada Allah dengan berpedoman pada Alqur”an, Al hadits, dan ikut ajaran para ulama yang memahaminya. Tidak ada cara lain,” kata Ustadz Fauzi.

Baca Juga :  Meramadhankan Kehidupan
Ustadz Achmad Fauzi akrab dengan anak-anak panti saat tausiyah. (Surya Mega/koranbernas.id)

Ewang Sewoko selaku wakil dari  Sahabat Berbagi menjelaskan komunitas ini rutin menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama anak-anak yatim piatu dan duafa dari berbagai panti asuhan di Yogyakarta.

Komunitas ini pertama kali mengadakan kegiatan pada tahun 2014 dan terus berjalan hingga saat ini. Konsep dari buka puasa bersama yang digagas komunitas ini adalah memberikan experience yang berbeda bagi anak-anak yatim piatu dan duafa dengan mengajak mereka berbuka puasa di berbagai resto hotel di Yogyakarta.

“Jika biasanya anak-anak hanya buka puasa dengan nasi kotak atau nasi bungkus, kami  mengajak mereka menyantap berbagai hidangan mewah sesuai kesukaan mereka,” jelasnya usai acara.

Pada Ramadhan tahun ini, Sahabat Berbagi mengadakan kegiatan buka puasa bersama dengan 100 anak dari tiga panti yaitu Panti Asuhan Sabilun Huda Pakem, Panti Asuhan Miftahunnajah Banguntapan, dan Panti Asuhan Umar bin Khatab Piyungan.

Baca Juga :  Kesalehan Sosial

Kegiatan diawali  dengan Salat Ashar berjamaah, dilanjutkan dengan hiburan bagi anak-anak, tausyiah, buka puasa, dan Salat Maghrib berjama’ah serta ditutup dengan makan malam berkonsep all you can eat dan Salat Tarawih berjamaah serta pemberian santuan.

“Dana untuk kegiatan ini, kami himpun dari para donator yang berasal dari berbagai latar belakang,” jelasnya.

Personel yang mengelola Komunitas Sahabat Berbagi. (istimewa)

Sahabat Berbagi ini, kata Ewang baru lahir sekitar 4 tahun silam. Berawal dari hobi yang sama yaitu travelling, 7 personel yang mengawaki komunitas ini kemudian kerap berkumpul. Lalu muncullah gagasan untuk membuat kegiatan yang  lebih bermakna dan bermanfaat untuk orang lain.

“Jadilah kegiatan buka puasa bersama seperti ini. Ini tahun ke-4, tapi untuk penyelenggaraan yang ke-8 karena kadang dalam satu bulan Ramadan, kita membikin bukber lebih dari 1 kali,” lanjutnya.(SM)