Bukan DPR yang Hambat RUU Terorisme

190
Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta, saat silaturahim di Bale Timoho Yogyakarta. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Anggota Komisi I yang membidangi Pertahanan, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika, Sukamta,  menegaskan DPR RI sama sekali tidak menghambat pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Terorisme.

“Bola itu justru ada di tangan tim pemerintah. Bukan DPR RI yang menghambat,” tegasnya, Minggu (20/05/2018), saat silaturahim dengan wartawan di Bale Timoho Resto Yogyakarta.

Sekretaris Fraksi PKS DPR RI itu juga meluruskan adanya anggapan yang salah kaprah selama ini. Sebenarnya, selesai atau tidaknya pembahasan RUU kuncinya ada pada tim pemerintah. Sedangkan DPR RI sudah satu kata sepakat.

“Kita berharap RUU itu selesai tapi bola bukan di tangan DPR RI. Bahkan yang meminta ditunda 15 kali itu justru tim pemerintah. Kuncinya ada di tim pemerintah. DPR RI prinsipnya siap,” katanya lagi.

Baca Juga :  Pemkab Sleman Terima Penghargaan dari Telkom

Dia mengakui, kualitas dan kuantitas teror saat ini memang sudah meningkat. Sekali lagi dia menyayangkan penundaan oleh tim pemerintah itu hingga menyebabkan RUU tersebut tidak selesai.

“Bukan karena DPR mau memperlama, apalagi ada isu partai tertentu yang menolak,” kata dia. Seluruh komponen bangsa Indonesia yang waras juga ingin masalah terorisme segera selesai.

Pada bagian lain soal tahun politik, Sukamta menyampaikan momentum 110 Tahun Kebangkitan Nasional perlu digaungkan kembali. Apalagi bangsa Indonesia saat ini sedang dalam ujian berat, terserap perhatiannya pada aksi terorisme.

Dia mengajak seluruh komponen bangsa bergandengan tangan mengokohkan nasionalisme. (sol)