Bupati Ajak Warganya Kurangi Konsumsi Gula

181
Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI menghadiri Seminar Kesehatan di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta, Sabtu (03/02/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI menghadiri Seminar Kesehatan di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta, Sabtu (03/02/2018). Acara tersebut digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prambanan.

Sri Purnomo yang menjadi keynote speaker pada seminar bertema Kolaborasi Tenaga Kesehatan dalam Tata Laksana Stroke Akut tersebut, mengajak warganya untuk mengurangi konsumsi terlalu banyak gula dan garam.

“Orang Jogja itu kecenderungannya suka makan yang manis-manis. Sayur saja gulanya banyak. Ya otomatis ada kecenderungan berpotensi diabetes dan lain-lain,” jelasnya.

Sesuai tema seminar, dia menekankan pentingnya perilaku hidup sehat dengan cara menjaga pola konsumsi yang seimbang.

Khusus kepada jajaran direksi dan karyawan RSUD Prambanan, dia minta HUT ke-8 kali ini sebagai momentum instropeksi diri supaya kinerjanya meningkat.

Baca Juga :  Nikmati Sajian Rumahan dengan Cara yang Berbeda

Keberhasilan yang dicapai RSUD Prambanan patut disyukuri namun jangan membuat lengah.

“Jangan kita merasa sudah sukses, sudah berhasil, kita malah stagnan. Contoh sudah banyak. Tahun sebelumnya di peringkat puncak nasional, tapi karena bergerak di zona nyaman, jadinya tertinggal,” tutur Sri Purnomo.

Direktur RSUD Prambanan, drg Isa Dharmawidjaja, mengatakan RSUD Prambanan berhasil melakukan capaian yang patut disyukuri.

Tahun ini ada dua layanan baru di RSUD Prambanan yaitu spesialis Ortopedi dan spesialis THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan).

Rumah sakit ini memiliki 17 dokter spesialis, 11 dokter umum dan 2 dokter gigi. Sedangkan jumlah karyawan sebanyak 278 orang.

Jumlah itu terdiri dari 79 orang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 199 orang berstatus non-PNS. “Jadi sekitar 72 persen karyawan kami non-PNS. Tapi kami tetap semangat,” kata Isa. (sol)

Baca Juga :  Ingin Janggel Jagung Bernilai Ekonomis? Ini Salah Satu Caranya